CARA MENAMBAL BAN




ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Selamat datang dan selamat berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah puja serta puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah berkenan melimpahkan kesehatan dan kesempatan kepada kami, atas limpahanya tersebut sehingga kami dapat menyapa serta menjumpai sahabat semua. Untuk dapat memberikan informasi tips tips dan inspirasi hidup. Dan pada perjumpaan kita pada kali ini informasi yang akan kami berikan adalah berkaitan cara menambal ban pada sepeda motor.  Masalah ban bocor atau ban pecah untuk pada sebuah sepeda motor adalah merupakan hal yang lumrah terjadi bagi setiap sepeda motor. Oleh sebab itulah jangan heran atau jangan kaget apabila mengalami kejadian seperti, hal ini merupakan konsokuensi, sesuatu yang mau tidak mau atau suka dan tidak suka semua pemilik sepeda motor. Untuk sepeda motor yang mengalami bocor terhadap bagian banya dan memang bocor masuk dalam kategori ringan sebenarnya kita dapat mengatasi atau menambalnya sendiri tidak harus repot repot membawanya ke bengkel sepeda motor, selain itu juga dapat menghemat biaya. Adapun untuk dapat menambal ban yang bocor yang harus kita lakukan yaitu mempersiapkan alat alat juga bahan, untuk mrngetahui alat alat tersebut berikut informasinya :

baca juga : cara memasang dan mengganti ban motor dengan teknik mudah

Sebuah sepeda motor yang mengalami bocor atau gembos memang sesuatu yang tidak asing dan aneh, untuk di alami oleh sepeda motor juga pemilik sepeda motor itu sendiri. Apabila bagi pemilik sepeda motor yang sedang bocor yang tidak mau repot membawa ke bengkel sepeda motor dan ingin mencoba untuk dapat menambalnya sendiri sebenarnya mudah dan bisa yang paling penting atau pokok dalam menambal ban sepeda motor harus mengetahui serta memahami cara tepatnya sehingga dapat berhasil dan sukses. Hal lain selain itu juga mengenai alat serta bahan yang nantinya di gunakan atau di pakai dalam proses menambal ban sepeda motor yang bocor, lebih mudah tanpa ada hambatan hambatan yang dapat mengganggu serta menyulitkan dalam proses menambal ban tersebut. Memang kalau di pandang sebelah mata dalam menambal ban sepintas terkesan gampang dan mudah akan tetapi sebenarnya ada cara cara khusus atau metode tersendiri dengan begitu hasilnya lebih bagus tentunya tidak gosong ban yang di tambal tersebut.  Dan untuk lebih jelasnya mengenai cara menambal ban pada sepeda motor berikut cara dan tekniknya antaranya yaitu :



Dalam menambal ban sepeda motor yang mengalami bocor untuk memudahkan prosesnya terlebih dahulu menyiapkan alat alat yang di gunakan antaranya adalah :

A. Alat pembuka pentil.

B. Kompor tambal ban.

C. Gergaji besi.

D. Karet tambal ban.

E. Spirtus.

F. Minyak rem.

G. Kertas atau grenjeng bungkus rokok.

H. Pompa angin.

I. Ember berisi air.

J. Kain lap.

K. Balok kecil seukuran kompor.

selanjutnya sesudah alat alat tersedia masuk pada cara dan teknik menambal ban sepeda motor yang bocor antara lain :

A. Memompa ban dan memberikan tanda.

Untuk mengetahui titik atau letak kebocoran ban maka lakukan pemompaan dan merambang dengan memasukan ban yang telah di pompa kedalam bak yang berisi air kemudian memutar ban tersebut dengan pelan dan urut sampai terlihat titik kebocoranya lalu menandainya dengan korek kayu atau alat lainya.

B. Mengempesi atau membuang angin pada ban tersebut kemudian mengeroknya.

Setelah sudah dapat menemukan titik kebocoran dan menandainya selanjutnya mengempesi membuang angin pada ban tersebut lalu cabut korek kayu yang menjadi tanda kebocoran sambil di lepas hingga kering agar lebih mudah mengerok dengan gergaji besi terhadap bagian titik kebocoran pas diatas stang atau gagang kompor tambal ban lalu mengeroknya adapun dalam mengeroknya dengan cara yaitu searah jangan bolak balik sebab kalau dalam mengeroknya bolak balik justru dapat memperlebar lubang ban.

C. Menempelkan karet tambal ban dan terhadap permukaan titik yang sudah dikerok serta menyiapkan kertas grenjeng rokok untuk tarakan atau alas ban tet.rsebu

Setelah permukaan titik kebocoran sudah terlihat tidak rata atau kasar maka tinggal menempelkan karet tambal, setelah itu sebelum membakar ban tersebut terlebih dahulu tempelkalah dan oleskan sedikit minyak rem di atas kertas grenjeng rokok yang akan menjadi alas ban yang akan di bakar hal ini bertujuan agar nantinya ban tidak gosong atau lumer pada saat di bakar.

D. Membakar ban untuk memperoleh tambalan yang kuat.

Apabila kertas grenjeng sudah di letakan di atas kompor kemudian tinggal mengapaskan karet tambal ban yang sudah di tempelkan pas di atas kertas grenjeng rokok setelah sudah pas berikutnya letakan diatas ban tersebut sebuah kayu balok kecil seukuran kompornya bila semua sudah siap antara kertas grenjeng rokok, ban yang sudah di tempeli karet tambal ban serta balok kecil seukuran kompor baru putar stang kompor tambalan sampai benar kencang dan tinggal di bakar dengan spirtus sesudah itu tunggu sampai api padam.

E. Memompa atau mengisi angin sambil mengontrol kembali untuk memastikan ban sudah aman.

Setelah api sudah padam lakukanlah penambahan angin terhadap ban tersebut  dengan merambang atau mengontrol kembali untuk memastikan ban yang telah di tambal benar benar aman.

Baca juga : berbagai macam kelebihan atau keistimewaan pada motor listrik

Sahabat semua demikian ini yang sudah kami informasikan, semoga dapat mudah di pahami, sehingga dapat di manfaatkan oleh sahabat semua yang ingin menambal ban bocor pada sepeda motor. Sampai jumpa dan bertemu kembali sekian terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel