TIPS AMAN BERKENDARA MOTOR DI MUSIM HUJAN




 ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Selamat datang dan selamat berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan kesehatan serta kesempatan sehingga kami dapat menjumpai dan menyapa sahabat semua. Tentunya untuk dapat memberikan informasi, tips tips serta inspirasi hidup. Dan pada perjumpaan kita untuk kesempatan saat ini informasi yang akan kami berikan adalah mengenai tips aman berkendara motor di musim hujan. Pada saat berkendara atau melakukan perjalanan memakai kendaraan bermotor khususnya jenis sepeda motor terlebih lagi memasuki musim penghujan sebaiknya kita harus lebih ekstra lebih hati hati dalam berkendara serta juga harus mempersiapkan hal yang di perlukan. Mengingat saat mengendarai sepeda motor di kala hujan akan lebih menantang bila di bandingkan pada waktu kemarau. Adapun untuk tips aman saat berkendara motor di kala hujan berikut informasinya adalah :

baca juga : hal hal yang perlu di perhatikan saat berkendara di musim hujan

Pada saat mengendaraai sepeda motor kala hujan terlebih kategori lebat, biasanya memiliki berbagai macam tantangan atau lebih mengalami kesulitan bahkan memiliki berbagai macam resiko didalamnya, dari berbagai macam resiko atau kesulitan tersebut seperti medan yang lebih licin akibat berair serta pandangan yang terganggu serta kesulitan lainya yang memang terdapat pada saat berkendara di musim hujan. Oleh sebab itulah bagi sahabat semua yang akan melakukan perjalanan mengendaraai sepeda motor pada saat musim hujan agar lebih aman serta keselamatannya senantiasa terjaga sebaiknya melakukan persiapan yang maksimal dan mengetahui, memahami tips tips juga teknik yang benar dan tepat. Hal ini di sebabkan pada saat mengendaraai sepeda motor saat hujan sangat berbeda dengan mengendarai sepeda motor pada waktu tidak hujan yang memang cenderung lebih mudah dan jelas. Dan untuk itu agar lebih aman mengendaraai sepeda motor saat hujan berikut informasi dari kami yaitu :

Sebelum melakukan perjalanan atau mengendarai sepeda saat musim hujan sebaiknya melakukan persiapan persiapan di antaranya adalah :

A. Menyiapkan jas hujan.

B. Mempersiapkan helm.

C. Gunakan jaket.

D. Jangan lupa sepatu.

E. Masker.

F. Mengecek kondisi motor.

G. Juga pakai sarung tangan.

Setelah semua hal hal yang harus di siapkan terpenuhi berikutnya adalah tip tips amanya yang benar dan tepat adalah sebagai berikut :

baca juga : manfaat serta keuntungan juga kiat berkendara motor di musim kemarau

A. Mengenakan helm.

Pada saat berkendara dan terjebak dalam hujan sebaiknya tetap gunakan helm dengan tetap mengenakan helm banyak sekali keuntungan yang didapatkan di antaranya bagian kepala tetap terlindungi baik dari benturan maupun terkena air hujan yang dapat menyebabkan masuk angin, dan apabila dengan adanya penggunaan helm terganggu pandangan kita bisa membuka bagian kaca helm depan.

B. Gunakan jas hujan.

Memakai jas hujan merupakan hal yang wajib pada saat berkendara di waktu hujan, agar lebih aman dan yaman sebaiknya gunakan jas hujan jenis single bukan jenis jumbo.

C. Pakailah sepatu.

Mengenai pemakaian sepatu pada saat mengendarai sepeda motor terjebak hujan memang cenderung di abaikan bahkan yang terjadi banyak dari pengendara justru malah melepas sepatunya, padahal dengan tetap memakai sepatu memiliki banyak manfaat yang di peroleh yaitu melindungi bagi telapak kaki dari hal yang tidak terduga seperti senggolan dengan sesama pemakai jalan, lalu melindungi kaki dari panasnya mesin juga masih banyak lagi.

D. Melaju dengan santai atau tidak berlebihan.

Sebaiknya pada saat mengendarai sepeda motor saat terkena hujan dengan kondisi jalan serta terbatasnya  penglihatan hindari melaju berlebihan tetap santai. Alangkah lebih baik lagi apabila keadaan parah intensitas hujanya lebih baik serta aman untuk berhenti dan berteduh agar lebih aman terjaga keselamatan juga sambil mengademkan mesin sepeda motor tersebut.

E. Pahami kondisi ban.

Hal yang tidak kalah penting adalah memahami kondisi atau keadaan ban sepeda motor tersebut, sehingga nantinya kita dapat memutuskan apakah kondisi ban layak jalan atau memang harus berhenti dan menunggu hujan reda. Hal ini di sebabkan dengan kondisi ban yang tidak memungkinkan serta memaksa tetap melanjutkan sangat berisiko sekali mengingat pada saat hujan kondisi jalan cenderung licin.

F. Hindari atau jangan melakukan pengereman sekaligus atau mendadak.

Dengan kondisi jalan yang licin serta tergenang air memang sangat rawan menyebabkan kecelakaan, oleh sebab itulah hindari pengeremanan sekaligus atau mendadak serta juga pengereman hanya bagian depan saja karena sangat berisiko sekali.

G. Nyalakan lampu utama.

Selain itu juga langkah aman atau tips aman selanjutnya adalah jangan lupa untuk menyalakan lampu utama, dengan kita menyalakan lampu dapat berfungsi sebagai penanda terhadap pengendara lain, yang pada saat terkena hujan sangat mengganggu penglihatan kita.

H. Hal yang tidak di anjurkan lainya adalah menyalakan lampu sein secara bersamaan.

Untuk yang satu ini juga sering kita melihat pada saat sedang hujan ada pengendaraa lain yang menyalakan lampu sein secaraa bersamaan, padahal menurut kami dengan kita menyalakan lampu utama sudah cukup, justru dengan kita menyalakan lampu sein secaraa bersamaan malah akan membuat bingung kendaraan lain apabila kita akan belok akibat tidak bisa memberikan tanda.

Sahabat semua demikian ini yang dapat kami informasikan pada perjumpaan kita untuk kali ini, segala kekurangan kami minta maaf yang sebanyak banyaknya. Semoga informasi ini dapat berguna serta bermanfaat. Sekian terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel