Tips merawat ban sepeda agar kuat tidak mudah bocor
Sebagaimana kita ketahui bersama dari sebuah ban sepeda yang memiliki ciri lebih tipis dan lebih kecil di banding ban yang di punyai sepeda motor. maka dari itulah inilah tips dalam menjaga atau merawat agar ban sepeda awet, kuat dan tahan lama di antaranya adalah :
A. Mengontrol tekanan angin dari ban sebuah sepeda.
Dengan selalu terjaga tekanan angin di dalam ban sepeda, memiliki manfaat dalam menghindari dan menjauhkan bagian ban sepeda untuk terjadi kebocoran, gembos atau pecah ban selain itu juga dengan tekanan angin yang cukup dan terjaga menjadikan ban lebih kuat dan kokoh dalam menahan beban serta dalam melintasi medan jalan yang di lalui.
B. Memperhatikan dalam mengontrol dan menjaga tekanan angin terhadap karateristik keadaan ban sepeda tersebut.
Berbeda dalam perawatan ban antara ban sepeda motor dengan ban sepeda. untuk sebuah ban dari sepeda terdapat dua jenis yaitu jenis ban sepeda bestruktur dengan pentil motor dan ban berjenis memiliki sebuah atau model lawas klasik yang ada pada sepeda onthel dari dua jenis ban sepeda tersebut memiliki ciri ciri berbeda yang dalam hal tipis tebalnya, sehingga dalam mengisi tekanan angin para pemilik sepeda harus tahu tekhniknya dengan membedakan kekerasan tekanan angin serta perhatikan pula keadaan sebuah pentil dari jenis ban sepeda yang berpentil pastikan tidak rusak atau bosok.
C. Mengatur dan mengontrol terhadap beban bawaan dari sebuah sepeda.
pastikan untuk memperhatikan beban bawaan terhadap sebuah sepeda, sehingga agar bagian dari sebuah sepeda tidak mudah mengalami bocor atau pecah ban maka sebaiknya untuk selalu mengontrol dan mengatur beban bawaan yang di berikan terhadap sebuah sepeda mengingat komponen atau bagian ban sepeda cenderung lebih tipis dan kecil yang sangat sensitif dan riskan dalam mengalami kebocoran.
D. Hindari melintasi medan yang tidak rata, banyak lobang dan berbatu.
Dari sebuah medan yang tidak rata, berbatu, banyak lobang serta berkerikil sangat berpotensi sekali dapat mengakibatkan ban mengalami bocor atau pecah ban terlebih lagi dari ban sepeda yang memiliki karakter yang cenderung lebih tipis dan kecil. untuk itulah hindari pada waktu mengendari sepeda untuk melintasi medan yang seperti itu.
E. Menjauhkan Memarkir sepeda di area terbuka yang dapat memudahkan sinar matahari secara lamgsung.
Untuk menjaga dan merawat ban dari sebuah sepeda untuk tidak mengalami bocor dan pecah ban, maka dari itulah jauhkan memarkir sepeda di area terbuka yang berpeluang terkena sinar matahari secara langsung, selain itu adanya sinar matahari secara langsung pemicu ban bocor juga dapat merusak bagian lain dari sepeda seperti cat serta sadel sepeda tersebut.
F. Tidak memaksakan untuk tetap memakai ban yang sudah banyak tambalan atau sering mengalami kebocoran.
Adanya hal hal yang berpotensi ban mengalami bocor menjadi penyebabnya adalah tetap memaksakan atau memakai menggunakan sebuah ban yang sudah sering mengalami bocor atau terdapat banyak tambalan di dalam ban tersebut oleh sebab itulah hindari cara cara seperti itu.
G. Segera mengganti ban luar yang tipis.
Ban luar yang telah tiba waktunya untuk di ganti atau ban sudah tipis sebaiknya segera menggantinya, hal ini di lakukan agar ban dalam sebuah tersebut mengalami sering bocor. dan untuk hal hal seperti ini terbukti sering terjadi sebagai akibat adanya ban sepeda bocor atau pecah ban.
Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.