Jenis rem motor dari motor dulu dan sekarang


 ILMU CORO. Dari berbagai macam jenis kendaraan bermotor seperti jenis kendaraan mobil, sepeda motor, sepeda onthel serta jenis kendaraan lainya untuk komponen atau bagian yang pasti ada pasti di miliki di semua jenis kendaraan bermotor adalah bagian yang disebut rem motor. Memang adanya rem motor merupakan komponen yang wajib atau menjadi keharusan di miliki di semua jenis kendaraan atau alat transportasi termasuk di dalamnya kendaraan jenis sepeda motor, pada sepeda motor adanya rem motor hal ini bukan tanpa sebab serta tujuan. Sebagaimana dapat di pahami bersama di balik sepeda motor yang dapat berjalan di situ di butuhkan alat untuk menghentikanya atau mengatur mengontrol lajunya motor, dan untuk alat tersebut dinamakan komponen rem motor.

Pada saat penggunaan atau mengendarai sebuah sepeda motor dengan adanya komponen rem memang membantu serta berguna sekali dalam mengontrol mengendalikan lajunya motor tersebut tanpa terdapat sebuah rem yang dimiliki dapat di pastikan lajunya motor tidak bisa terkendali dan sangat membahayakan keselamatan dari pengendara serta tentu saja sesama pengendara bermotor. Oleh sebab itulah komponen rem bagian yang ada bahkan wajib di setiap semua kendaraan atau alat transportasi, hanya saja khusus untuk sepeda motor di era sekarang berbeda dengan sepeda motor di jaman dahulu. Komponen rem yang terdapat pada sepeda motor untuk saat sebagian besar di dominasi komponen rem jenis cakram sedang untuk motor dahulu berjenis tromol. Dari kedua jenis komponen rem motor ini meskipun memiliki fungsi yang kurang lebih sama yaitu mengontrol laju motor namun kapasitas atau kemampuan dalam mengontrol dari dua jenis rem tersebut berbeda. Dan untuk lebih jelas dan mendalam mengenai rem motor yang terdapat dua jenis antara cakram dan tromol berikut informasinya :

Dalam hal performa atau kapasitas kemampuan yang di miliki pada rem motor jenis cakram dan jenis tromol meliputi :

A. Rem motor berjenis tromol.

Rem motor dengan jenis tromol menjadi cikal bakal atau jenis rem motor generasi pertama yang di miliki oleh sebuah sepeda motor juga awal penciptaanya. adapun pada rem motor tromol terdapat ciri khusus yaitu bentuk kampas seperti lingkaran tromol motor dengan terbagi menjadi dua, terletak persis di dalam tromol serta di hubungkan dua peer di samping kanan atau untuk mengikat mengencangkan dan di bagian luar tromol ada stang tromol, penggaris atau tangkai rem juga memiliki peer luar tidak lupa mur tangkai rem tromol. karateristik lainya dari jenis rem motor ini adalah daya tahan yang relatif lama juga sangat mudah perawatanya untuk pemakaian normal bisa mencapai 2 tahun sampai 3 tahun yang perlu di lakukan cukup mengganti kampas remnya saja adapun bagian lain jauh lebih bertahan lama. Untuk sebagai tanda tanda performa rem motor jenis tromol menurun biasanya di tandai dengan rem yang terasa dalam atau ekstra lebih kuat dalam menekan pedal rem pada saat pemakainya. Mengenai masalah yang sering di hadapi pada rem motor jenis tromol adalah Kampas rem berbunyi cit cit akibat debu dan kotoran serta rem tidak mau kembali disebabkan peer yang tidak berfungsi atau telah mengendor dalam mengatasi masalah yang seperti yang di cukup di lakukan dengan membuka membersihkan kampas rem dari debu serta kotoran dengan menggunakan angin kompresor sedang peer mengendor cukup di ganti dengan yang baru.

B. Rem motor jenis cakram.

Untuk penggunaan rem motor Sepeda motor yang keluaran terbaru mulai tahun 2000 kesini telah mengalami peralihan terutama di bagian rem depan yaitu jenis rem motor jenis cakram hal ini di sesuaikan kapasitas performa mesin meningkat bertenaga sehingga agar lebih terjamin keamanannya. Untuk rem motor jenis cakram dengan semua kelebihannya yang di percaya memiliki kemampuan lebih baik di bandingkan rem motor jenis cakram dari segi kepakeman atau daya pengeremannya. Dan pada rem motor jenis cakram lebih komponen yang dimiliki di antaranya piringan cakram, kampas rem, master, minyak oli rem serta lainya. Disamping performanya yang sudah teruji atau terbukti lebih bagus namun dalam hal perawatan jauh lebih banyak atau lebih ribet dari pada rem motor jenis tromol. Di Antara hal hal perlu di perhatikan selain kampas rem juga harus sering di kontrol di bagian minyak oil rem jangan sampai mengalami kehabisan. Untuk masalah yang sering di hadapi yaitu pada rem jenis cakram adalah kehabisan minyak oli rem dari keadaan seperti ini meskipun kampas masih bagus tapi tanpa adanya minyak oli rem di pastikan rem tidak berfungsi atau ngempos, kemudian kampas rem tipis jika membiarkan tidak langsung mengganti biasanya rem tetap dapat berfungsi namun menimbulkan goresan terhadap bagian piringan cakram akhirnya membuat bunyi bunyian pada bagian rem depan motor. Untuk masalah lain pada rem motor cakram yaitu masuk angin atau rem ngempos bahkan roda tidak bisa di puter penyebabnya rem sampai kehabisan oli minyak rem sehingga menimbulkan angin menumpuk di bagian master akibat master tidak bisa berfungsi maksimal dalam mengatasinya dengan membuang angin melalui baud kecil di sebelah sok breaker bagian depan sebelah kanan sampai benar angin hilang.

Demikian dari kami semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel