TIPS AMAN MENGGANTI DAN MEMASANG BAN MOTOR

TIPS AMAN MENGGANTI DAN MEMASANG BAN MOTOR
                 TIPS AMAN MENGGANTI DAN MEMASANG BAN BELAKANG MOTOR

ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Selamat bertemu dan selamat berjumpa lagi bersama kami. Alhamdulilah puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas semua limpahan kesehatan juga kesempatan yang menjadikan kami dapat menyapa serta menjunpai sahabat semua, untuk memberikan informasi informasi yang dapat berguna dan menambah pengetahuan sahabat semua. Dan adapun pada pertemuan serta perjumpaan kita pada kesempatan ini, kami akan mempersembahkan informasi yaitu mengenai tips aman dalam membuka dan memasang ban motor. Agar supaya tidak mengalami terlukanya atau sobeknya terhadap ban dalam, oleh sebab itulah perlu di perhatikan untuk metode serta tekhniknya dan agar lebih jelasnya berikut informasi dari versi kami adalah sebagai berikut :

Pada sebuah sepeda motor memang merupakan alat sarana prasana yang untuk saat ini yang pesat sekali kemajuan serta juga sangat di butuhkan sekali pada masyarakat untuk saat ini, mengingat pada sepeda motor kehadiranya mampu memberikan manfaat, kegunaan serta dapat mempermudah dalam tatanan kehidupan masyarakat. Pada sepeda motor memang mampu atau dapat memberikan banyak manfaat, dan untuk bisa di manfaatkan secara maksimal sepeda motor perlu adanya perawatan yang lebih dari pemiliknya. Sebab pada sepeda motor juga terdapat masalah masalah yang dapar terjadi seperti diantaranya rutin service, rutin mencuci serta rutin mengontrol ban pada bagian roda juga masih banyak lagi yang harus di perhatikan serta di pahami pada sepeda motor. Dan salah satu masalah yang kami bahas adalah mengenai mengganti dan memasang ban pada sepeda, apabila sahabat semua sedang mengalami atau ingin mengetahui tentang memasang dan mengganti ban pada sepeda motor berikut kami akan menginformasikanya. Di antaranya adalah sebagai berikut dari versi kami :



baca juga : memperbaiki busa dan sarung jok motor viar roda tiga

Bagi sahabat semua apabila sedang mengalami serta ingin mengetahui masalah atau terjadi bocornya ban pada sepeda motor kepunyaanya dan ingin mencoba menggantinya, sendiri berikut kami akan informasikan tentang tips aman dalam membuka dan memasang ban belakang motor agar aman cepat dan tidak sampai melukai ban dalam itu sendiri. Dan yang harus di persiapkan terlebih dahulu adalah menyiapkan alat serta bahan yang nantinya akan di pakai atau di gunakan antara lain :

A. Ban dalem pada sepeda motor.
B. Kunci no 10, 12, 14, 17 dan no 19.
C. Kunci pentil.
D. Alat untuk membuka bisa pakai obeng min atau sendok.
E. Pompa sut.
F. Palu.
G. Ember atau bak yang di masukan air.

Jika alat alat serta bahan sudah di dapatkan dan sudah tersedia, untuk selanjutnya adalah untuk proses atau teknik serta tips aman dalam membuka dan memasang ban motor. Yang tidak sampai melukai struktur ban dalam pada sepeda motor tersebut. Diantaranya adalah :

A. Membuka bagian stelan rem belakang.
Bukalah dahulu baud pada stelan rem yang menempel pada bagian tromol roda belakang dengan cara tangan kiri memasukan obeng kedalam lobang stelan rem lalu menekan ke bawah, kemudian selanjutnya tangan kanan mengendoni atau membuka baudnya dengan menggunakan kunci no 14.

B. Membuka baud penahan stang rem yang letaknya di bawah stelan rem.
Selanjutnya membuka baud penahan stang rem dengan menggunakan kunci no 12.

C. Membuka as roda bagian belakang sepeda motor.
Membuka dan mencopot as roda belakang, agar lebih mudah membukanya caranya adalah tangan kanan memegang kunci no 17 atau no 19 dan tangan kiri memegang no 14 dan mapankan atau kedua ukuran kunci tersebut secara bersamaan setelah mapan tangan kanan menekan kebawah serta tangan kiri menarik keatas secara bersamaan, sesudah baud berhasil kebuka dan mencopotnya kemudian ambilah as roda tersebut, agar lebih mudah mengambilnya dengan memukul pelan as untuk bagian sebelah kanan dengan palu dan ujung obeng secara pelan dan peelahan.

D. Mengambil roda tersebut dan proses mencongkel ban untuk mengambil ban dalamnya dengan cara mencopot penutup tromol atau tempat kampas rem dan juga mencopot rante dan tempat geer belakang.

Setelah itu masuk pada proses  mencongkel ban luar untuk mengambil ban dalamnya. Dan untuk caranya adalah :

- membuka baud pentil ban dengan memakai kunci pentil.

- membuka mur pentil dengan menggunakan kunci no 12 agar lebih mudah gunakan kunci dengan jenis ring.

- melepaskan atau membuka bagian pinggir ban luar yang masih menempel pada pelek baik untuk sebelah pinggir atau sisi kiri maupun kanan dengan bergantian dengan cara memijat mijat ban luar tersebut sampai kebuka atau terlepas dari bagian peleknya.

- mencongkel atau membuka untuk mengambil ban dalamnya. Dengan cara mengambil alat congkel atau pembuka ban luar kemudian memasukannya terhadap bagian dalam pelek dengan menggunakan tangan kanan setelah berhasil memasukan kemudian tarik kebawah dan sestelah itu tahan dengan tangan kiri, lalu tangan kanan mengambil alat congkel yang satunya dan memasukan kembali kedalam sela sela antara pelek dan ban luar tersebut dan lakukan langkah seperti itu secara urut dan sampai bagian ban luar kebuka semua.

- mengambil dan mengganti ban dalam pada sepeda motor tersebut.
apabila sudah dapat membuka ban luar dari peleknya lalu ambil dan ganti ban dalam tersebut.jangan lupa untuk mengecek ban dalam agar benar benar aman dari kebocoran. Dengan memompa ban dalam yang di gunakan untuk mengganti kemudian merambang atau memasukan ke dalam sebuah ember atau bak sambil di putar hingga ke semua bagianya, setelah benar benar aman pasang ban dalam tersebut dengan cara memasukan bunglon atau dop pentil terhadap bagian lubang pada pelek, selanjutnya memasang mur dop pentil usahakan mengencangkan jangan semua dulu dan sebaiknya separoh terlebih dahulu agar supaya ban dalam untuk bagian dop pentil dapat mapan didalam ban dalam di karenakan kalau sampai keluar akan mempersulit pada saat memasang ban pada sepeda motor, dan sesudah memasukan dop pentil atau bunglon pada lubang pelek berikutnya memasukan ban dalam pada bagian dalam ban luar secara hati hati biar tidak melipat sehingga aman dari masalah.

- memasang atau memasukan ban luar pada pelek atau roda sepeda motor.
dan untuk memasang atau memasukan ban luar pada pelek atau roda lakukanlah memasukan dengan cara menekan dan memijat mijat apabila terasa keras atau ban luar tersebut mengencang dan masukan satu congkel untuk memudahkan memasangnya. Lakukan secara berurutan hingga selesai.

- memasang pentil dengan kunci pentil dan memompanya.
dengan selesainya proses pemasangan ban dalam serta ban luar pada pelek atau roda, maka selanjutnya memasang pentil dop dengan kunci pentil kemudian memompanya akan pada memompanya perlu di perhatikan garis lingkaran keluar atau terlihat semua dari sisi pelek supaya pada saat di kendarai tidak nggeol. dan apabila terjadi garis lingkaran tidak rata terlihat atau tidak keluar semua maka solusinya adalah dengan mengempesi angin pada ban tersebut lalu memberikan bagian samping ban luar tersebut dengan oil atau pelumas rantai kemudian pompa kembali.

Dan untuk proses mengganti dan memasang ban pada sepeda motor untuk bagian depan. Biasanya untuk teknik dan caranya lebih mudah dan praktis karena mempunyai bagian atau komponen lebih sedikit untuk di lakukan proses membuka dan memasang kembali di antaranya berikut informasinya.

A. Membuka as roda bagian depan.
Bukalah as roda bagian depan dengan kunci no 14 dengan kunci no 17 atau 19.

B. Menarik dan mencopot as roda tersebut.
Setelah berhasil membuka as roda tersebut berikutnya menarik dan mencopot as roda tersebut.

C. Membuka dan memasang ban tersebut
Untuk membuka dan memasang ban tersebut untuk cara dan teknik sama seperti kami sebutkan di atas secara jelas dan gamlang

D. Memasang kembali bagian yang tadi tela di buka.
Apabila proses membuka dan memasang pada ban telah selesai kemudian lakukanlah proses pemasang kembali bagian yang tadi telah di buka.

baca juga : pembuatan plat no motor vespa.

Sahabat semua itulah tadi mengenai tips aman membuka dan memasang ban belakang motor semoga mudah di pahami serta di mengerti sehingga dapat membawa manfaar dan berguna terhadap sahabat semua, terima kasih telah membaca, mengikuti serta berkunjung blog kami. Sampa jumpa dan bertemu lagi di lain kesempatan tentunya dengan informasi yang berbeda.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel