Paham Atheisme dengan semua theori kontroversinya


ILMU CORO Bagi orang orang yang berkenyakinan atau percaya adanya kebertuhanan dalam hidup di dunia ini, adanya paham atheisme sangat bertentangan atau kontroversi dengan mereka karena tidak sejalan atau searah tentang pola pikir serta sudut pandang, sisi pandang dan cara pandang dalam hidup mereka. Dengan adanya perbedaan tersebut tidak sedikit dari mereka orang orang yang nota bene intelek dari kalangan manusia yang bertuhan mau mengkaji dan membahasnya di muka umum dengan berbagai sebab dan alasan. memang mengenai membahas atau mengkaji adanya paham atheisme terlebih di muka umum sangatlah besar konsokuensi atau tanggung jawab yang nantinya di tanggung terutama terhadap tingkat keimanan seseorang karena dapat menggoyahkan iman untuk seseorang yang belum mampu untuk menerima atau menampung adanya paham atheisme tersebut.  Mengenai paham atheisme memang merupakan paham yang apabila di kaji atau di pahami yang rentan atau sangat mudah menyebabkan dengan segala sesuatu di dalam memporak porandakan, membuat bingung atau merapuhkahkan tingkat keimanan seseorang terlebih untuk seseorang yang masih labil belum stabil kekuatan imanya. padahal tanpa mengenal atau mengetahui tentang paham atheisme tingkat keimanan seseorang untuk saat sekarang ini sudah sangat rapuh dengan segala kondisi keadaan hidup yang berliku liku atau beragam yang menuntut kekuatan keimanan seseorang.

Mengenai paham atheisme sebenarnya memiliki cabang cabang atau sekte yang beragam atau bermacam macam seperti di antaranya atheis, agnostik dan theodisi. selain itu juga di dalam atheis juga memiliki banyak sekali istilah yang memiliki kemiripan makna seperti halnya atheis antaranya seperti :

- atheism tidak percaya tuhan, 

- nontheism tidak percaya tidak ada istilah tuhan, 

- antitheism anti tuhan dan cenderung provokator menyerang terhadap paham kebertuhanan dan selalu berkerja sama dengan atheis yang kuat dalam mendoktrin terhadap paham berketuhanan.

- Apatheism( partical atheism ) merupakan paham tidak percaya tuhan bersifat pragmatis sebagai contoh pada manusia mengaku percayaan pada ALLAH SWT akan tetapi melakukan seperti maling, atau korupsi melakukan menjadi laranganya.

- agnosticism, paham yang mirip dengan antitheism akan tatapi bersifat kearah ke sesuatu yang tidak percaya terhadap adanya dengan akal mengerti tuhan atau bersifat stagtis nggak mungkinlah orang bisa nyembah tuhan padahal tuhan hanya persepsimu sendiri.

- ignosticism ( non cognitivetheoligy ), paham yang menyakini bahwa semua yang di omongin oleh agama tentang tuhan merupakan sesuatu yang tidak berguna.

- antireligion, merupakan paham orang yang beragama tanpa tuhan atau tidak suka terhadap agama yang formal karena di anggap terlalu mencampuri urusan dalam hidupnya. padahal kondisi zaman berubah berubah sesuai keadaan atau dinamis.

- irreligion, paham menganggap agama tidak berguna atau tidak memberikan manfaat 

- non believer paham yang percaya atau tidak beriman terhadap tuhan bersifat theologis 

- secular humanism. atau sekuler humanis yaitu gabungan antara sekuler memisahkan urusan dunia dan urusan agama akibatnya apabila terus di biarkan akhirnya sampai ke paham atheisme. seperti contoh kita mengingat  tuhan pas kita sedang butuh entah saat sakit, saat ujian atau saat susah.

Dan untuk paham atheisme sendiri secara akademis memiliki 2 jenis di dalamnya yakni :

A. Atheisme berjenis negatif atau negatif atheist atau weak / implicit atheism. garis besarnya tidak percaya.

B. Atheisme berjenis positif atau posutive atheist / strong atheist / explicit atheist. garis besarnya tapi memiliki bukti.

Selain itu didalam atheisme kalau di kembang lagi terbagi menjadi 2 macam yaitu :

1. Atheisme theoritis.

atheisme yang berupa argumen argumen sebagai bukti untuk menjelaskan. adapun untuk argumen atau theori yang sering di gunakan adalah :

a. argumen episthemologis 

- argumen dari orang orang atheisme yang mengedapankan imangnensi sujek dan cenderung mengedepankan akal maksudnya hanya sebatas yang terjangkau terbatas dengan pikiran terhadap lingkungan atau sekitarnya termasuk juga tentang tuhan menurut mereka tuhan yang disembah oleh manusia bertuhan kok berbeda masa tuhan yang di sembah kok berbeda beda dan tidak jelas riilnya.

- adanya sebuah theori dari imanuel khan yang berasumsi bahwa antara berpikir filsafat tidak pernah sinkron atau bersatu akan selalu berbeda dengan berpikir bertuhanan atau agama. menurut dia mengenai tuhan atau agam adalah sesuatu yang tidak bisa di pahami atau di akses oleh akal manusia sehingga tidak harus di sembah atau dimintai pertolongan keselamatan hidup di dunia serta di akhirat.

- Skeptisisme dari david hume dikenal theologi natural lebih condong terhadap empirisisme yaitu tidak mempercayai terhadap sesuatu yang tidak dapat di akses secara empiris dan menurut dia kalau ada sesuatu yang tidak dapat di akses secara empiris kok di percaya hal tersebut merupakan permainan akal, atau adanya permainan manusia.

- argumenya orang atheis yaitu theori ignotisisme bagi mereka semua tentang istilah istilah mengenai tuhan tidak bisa di jelaskan seperti tuhan maha bijaksana, maha baik atau maha kaya padahal untuk yang baik 100 % aja sudah sangat mulya lah kok ini maha berarti lebih segala sehingga dengan adanya ini sangat sulit sekali di jelaskan dan untuk di pahaminya setiap orang berbeda beda sesuai kapasitas masing masing.

b. Argumen metafisik orang orang atheis

- orang orang atheis pada umumnya memiliki berpikir matiralis sehingga membuatnya lebih mengacu terhadap realisme monistik atau menurut mereka semua yang terdapat di alam semesta ini bersifat materalistik sehingga semua yang diluar materi mereka menganggapnya tidak hakiki termasuk hal hal yang di omongkan oleh orang orang yang bertuhan atau agama.

- orang orang atheis juga menganggap adanya tuhan, setan, malaikat atau jin merupakan sesuatu yang tidak dapat di akses dengan materi dan sesuatu yang yang tidak dapat di akses dengan materi adalah ulah atau manipulasi manusia.

c. Argumen koherensi orang orang atheis.

- Mengenai argumen koherensi orang orang atheis yang mereka kritik adalah mengenai konsistensi tuhan dan sifat sifatnya menurut mereka orang orang bertuhan dalam menjelaskan tentang tuhan menurut mereka kontradiksi sebagai contoh tuhan itu maha kasih sayang akan tetapi juga maha penyiksa dan itu menunjukan ketidak konsukwensianya.

- teodisi yaitu menurut orang orang atheis mengkritik terhadap adanya tuhan masih mengenai maha pengasih nya tuhan mengapa kok di dunia ini terjadi bencana yang dialami dan malah bencana tersebut sering kali terjadi di tempat tempat yang di diami oleh orang orang baik dan alim.

d. Argumen antroposentris.

theori ini menitik beratkan terhadap manusia dan menurut mereka kuncinya pada manusia sebenarnya bukan tuhan dan itu terletak pada manusianya kalau tidak menjadikan tuhan sebagai sesembahan pasti tidak menjadi tuhan dan kuncinya berarti pada manusia. sebagai buktinya orang sangat mudah untuk gonta ganti tuhan hal itu menunjukan kunci pokoknya pada manusianya. dengan begitu dengan yang menjadi aktor pokok atau menjadi penentu manusia sehingga manusia tidak perlu bersandar terhadap tuhan karena aktor utamanya.

d. theorinya dari richard dawkin dan merupakan atheis kontenporer saat ini serta banyak di bahas yaitu mengenai pembagian kebertuhanan pada manusia meliputi :

- strong theis orang yang percaya tuhan yang 100%.

- Agnostic tingkat kepercayaan tuhan di atas 50%.

- impersial agnotic kepercayaan adanya tuhan hanya 50%.

- Strong agnostic kepercayaan adanya tuhan di bawah 50%.

- Atheis yaitu tidak percaya adanya tuhan di atas 0%.

- Strong atheis benar benar tidak percaya adanya tuhan.

2. Atheisme praktis.

pada jenis atheisme praktis biasanya berupa apatheisme sebagai contoh adalah manusia yang dalam hidupnya tanpa adanya tuhan serta tidak mempercayai sesuatu yang bersifat supranatural dan hanya percaya terhadap sesuatu yang dapat di buktikan dengan akal serta bersifat material.

Dan selanjutnya untuk menambah wawasan mengenai paham atheisme adalah terdapat 5 tokoh yang disebut pembunuh tuhan atau pelopor yang membuat orang berpaham atheisme

a. feurbach.

merupakan inspirator atau bapak atheisme modern dan menurut dia adanya anggapan bahwa manusia buah pikirannya tuhan adalah kebalik justru tuhan merupakan buah pikiran manusia. hal ini di karenakan manusia mempunyai karakter dalam menghasilkan sesuatu adalah merupakam yang terbaik dan sempurna, pasa saat menulis pasti harapanya pengin terbaik tulisanya meskipun terkadang jelek dan itu mencakup semua hal termasuk juga pada saat berpikir juga penginya yang paling baik, paling bijak dan seterusnya dan dari berpikir yang serba paling lama lama akan membuat atau menjelma menjadi sosok menjadi sebuah gambar tentang tuhan dan terus berkembang sampai ke titik rasa takut rasa khawatir terhadap jelmaan sosok tuhan tersebut sehingga sampai di sembah atau diagung agungkan. padahal sebenarnya itu tidak ada hanya hasil pikiran manusia dan bahkan menjebak dirinya sampai kehilangan jati diri manusia tersebut.

b. marx. merupakan penyempurna dari theori feurbach dengan adanya anggapan bahwa ngapain si manusia berpikiran atau memproyeksikan tentang tuhan dan alasan tersebut belum di bahas atau ditemukan olen feurbach sehingga oleh marx di katakan alasan manusia berpikir tentang tuhan karena manusia dalam hidupnya tidak bisa mewujudkan keinginananya, tidal bisa kreatifitas, dan cita citanya tidak tercapai sehingga dari adanya semua yang tidak tercapai atau terwujud munculah gagasan atau ide berpikir tentang tuhan sebagai akibat dari realitas kehidupan yang diskriminatif serta adanya tuhan atau agama jadi pelarian dengan harapan surga di akhirat walaupun di dunia hidup susah, hidup gagal dan sebagainya. dan dari keadaan yang seperti ini menurut marx munculah permainan atau dari penguasa atau kelas borjois dengan biarkan mereka seperti itu bila perlu nanti kita sewakan para orang alim atau kyiai sekalian biar mereka orientasi hidupnya selalu terhadap akhirat sehingga di dunia mereka mengabaikanya endingnya yang berkuasa tetap berkuasa sedang yang dibawah tetap di bawah tidak ada roda berputar dan lama kelamaan dengan keadaan tersebut membuat adanya tuhan atau agama menjadi kontrol sosial yang di pegang oleh penguasa. sehingga muncul theory marx yaitu religion is the apiate of the masses atau adanya agama adalah merupakan candu masyarakat yang membuatnya terlena dan tertindas dengan tidak di sadari akibat berpikir tentang tuhan.

c. Nietzsche merupakan theori yang lebih ekstrim atau keras lagi adalah adanya anggapan dari dia jika manusia ingin eksist ingin bebas hidupnya jalanya adalah dengan membunuh tuhan oleh kita karena kita juga yang telah menciptakan tuhan maka kita pula yang membunuhnya serta menurut dia agama atau tuhan akan membuat kita pengecut, bikin kita lari dari kenyataan atau bikin kita tertindas atau selalu lari serta mengkambing hitamkan tuhan maka agar kita tangguh, kita tidak cengeng atau lainya sehingga agar kita bebas kita kuat dan tangguh harus dengan membunuh tuhan.

d. freud theori yang menekankan lebih ke kondisi kejiwaan manusia sehingga menurut freud adanya 

- penyakit jiwa pada manusia atau neurosis kolektif sebagai contoh adanya sebuah ayat dari ALLAH SWT mengenai larangan manusia untuk zina sebenarnya maksudnya ayatnya baik akan tetapi di balik larangan ayat tersebut terdapat ancaman yang luar biasa di akhirat nantinya selain itu adanya ancaman tersebut yang menghantui dalam hidup kita itu yang dinamakan neurosis kolektif atau ketakutan yang luar biasa dalam hidup. adanya itu semuanya sumbernya dari  pembatinan aturan atau norma di sekelilingnya atau dari orang tua serta bersifat egois.  

- ilusi ifantil adalah ilusi seperti yang dimiliki pada anak kecil adapun untuk adanya pehamanan atau kenyakinan agar pengin selamat hidupnya harus beragama atau bertuhan dan sebenarnya menurut freud yang menjadi kuncinya adalah sebuah keinginan pengin bukan bahagia bukan agama atau tuhan karena keinginan atau kepenginan pada diri kita biasanya apapun harus kesampaian walaupun dari keinginan tersebut bersifat yang jelas nyata atau sebaliknya termasuk terhadap agama apakah benar benar menyelamatkan atau tidak yang terpenting tercapai keinginan hal itu menurut freud seperti anak kecil yang sebagai contohnya pada saat anak kecil pas lagi kepengin pipis, pasti apapun caranya akan dia lakukan demi tercapai keinginan pipisnya. dan ini sebut ilusi ifantil atau suatu keinginan dengan keegoisanya dengan anggapan yang meskipun itu bersifat rasional maupun tidak rasional pasti akan di pertahankan. ini disebut sindrom anak anak dan menurut freud agama atau tuhan termasuk di dalamnya atau bagian tersebut.

e. Sartre adalah merupakan aktor pembunuh tuhan no satu demi manusia menurut dia kalau manusia pengin bebas harus tidak ada tuhan namun kalau masih ada tuhan manusia tidak akan bebas serta kalau manusia masih percaya tuhan berarti bukan manusia melainkan benda.

Berikutnya untuk sekarang ini suatu paham dari atheisme yaitu new atheism. 

Mengenai titik awal adanya manusia mulai benci terhadap agama atau tuhan adalah adanya perang salib namun secara umum mulai berkembangnya paham ini sekitar tahun 911 sampai sekarang adapun tokoh tokoh yang terkenal adalah :

a. Richard dawkins. bukunya god delusions.

b. Daniel dennet. bukunya breaking the spell.

c. cristropher hitchen. bukunya got is not great.

d. sam harris bukunya the end of faith.

adapun tokoh yang sangat keras dalam mengkritik terhadap tokoh atau buku buku diatas adalah :

- Anthoni jae gould bukunya rock of aghes. 

Sekian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel