motor injeksi tiba tiba mati apa penyebabnya
ILMU CORO. Sepeda motor adalah merupakan mode transportasi yang paling populer serta paling banyak di minati oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya di negara indonesia. Pada sebuah sepeda motor oleh sebagian besar masyarakat keberadaanya memang sangat di butuhkan dalam menunjang atau membantu mempermudah semua aktivitas keseharian bagi mereka baik dalam aspek ekonomi, kegiatan sekolah bagi pelajar atau meringankan barang bawaan dan masih banyak lagi. adanya semakin tersebarnya dari daerah perkotaan sampai daerah pinggiran atau pedesaan sehingga makin meningkatnya jumlah permintaan pasar untuk sepeda motor menjadikan memiliki jenis jenis yang bermacam macam atau berbeda beda, dari mulai jenis sepeda motor bebek, sepeda motor matik, sepeda motor palang dan sepeda motor gede dan lainya. adanya banyaknya jenis sepeda motor yang di peroduksi dan di beredar di pasaran juga di barengi dengan disain serta makin canggihnya tekhnologi pada jenis sepeda motor yang keluaran terbarunya, dengan tujuan memberikan kepuasan terhadap konsumen pasar khususnya bagi masyarakat. adapun bagi masyarakat selaku konsumen pasar dari makin banyaknya jenis, disain, dan makin canggihnya sepeda motor terbaru juga sangat di terima serta di minati, hal ini terbukti selalu laku dan laris dari sebuah produk motor yang di ciptakan atau di peroduksi terbarunya.
Untuk sepeda motor jenis keluaran atau hasil karya produksi terbaru, memiliki spesifik di dalam sebuah sepeda motor tersebut diantaranya meliputi mempunyai bentuk, mode yang bagus, sistem transmisi yang tadinya memakai karbulator berganti menjadi sistem injeksi, segi ban yang dulu atau sebelumnya jenis ban biasa klasik memamkai ban dalam berubah menggunakan ban jenis tubles tanpa ban dalam, memiliki sensor automatis yang sebelumnya belum ada serta masih banyak lagi. memang kalau di bandingkan dari segi kecanggihan tekhnologi serta disain yang di tampilkan pada sepeda motor terbaru lebih bagus bahkan lebih sempurna apabila di bandingkan sepeda dari keluar terdahulu atau keluaran lama yang cenderung lebih sederhana dan apa adanya. hal ini yang menjadi alasan atau penyebab adanya sepeda motor keluaran terbaru selalu laris manis terjual di pasaran. Sebagaimana dengan begitu bagus serta canggihnya performa yang di miliki sepeda motor terbaru terkhusus yang bersistem injektion memang mempunyai kelebihan kelebihan yang banyak dari sepeda motor yang bersistem karbulator antaranya dari sistem injektion lebih hemat bbm, lebih enteng tarikanya serta lebih mudah perawatannya tanpa harus rutin menyervise bagian karbulator, akan tetapi untuk sepeda motor sistem injektion juga tidak serta merta sempurna tidak memiliki kekurangan atau kelemahan. adapun yang menjadi kekurangan sepeda motor sistem injektion terdapat kekurangan kekurangan antaranya apabila sistem injektion mengalami permasalahan tidak semua bengkel dapat mengatasinya biasa terbatas di bengkel bengkel resmi yang terbatas, selain itu juga apabila pemilik sepeda tidak peka atau tidak rutin melakukan perawatan dalam jangka waktu lama, pada sepeda motor sistem injektion dapat mengalami tiba tiba mati atau tiba tiba mogok. Dan apabila mengalami keadaan atau kondisi yang seperti sebaiknya kita harus mengetahui beberapa penyebabnya, untuk itu berikut penyebab atau tiba tiba sepeda motor injektion tiba tiba mogok.
Pada sepeda motor yang memakai sistem transmisi injektion mengalami keadaan atau kondisi tiba tiba mogok yang menjadi penyebab atau akar masalahnya yaitu :
A. Bagian busi sudah uzur, mati atau kotor.
Bagian busi adalah bagian utama sistem penyaluran pengapian sehingga apabila terjadi masalah pada bagian ini, baik karena usia busi yang memang sudah tua sehingga mati ataupun busi yang kotor sehingga menyebabkan sepeda motor mati tidak mau hidup dan itu berlaku terhadap semua jenis sepeda motor baik yang injeksi maupun karbulator.
B. Endapan kotoran di bagian filter angin.
Memang adanya filter angin memilik fungsi untuk menyaring semua kotoran atau debu namun apabila bagian filter tidak kontineu di bersihkan justru kotoran tersebut akan menumpuk terus hingga membuat bagian filter angin tidak mampu menyaring kotoran tersebut dengan begitu klimaksnya sepeda motor tidak mau nyala atau bahkan tiba tiba mogok atau mati.
C. Sikring mengalami konsleting hingga terbakar dan putus.
Kelistrikan pada sepeda motor adalah bagian yang sangat rentan berakibat masalah terhadap sepeda motor, dan apabila biasanya apabila ada masalah konsleting untuk kelistrikan dampaknya terhadap terbakar dan putusnya sikring sehingga sepeda motor mengalami tiba tiba mati atau tidak mau nyala.
D. Sistem injektion yang kotor.
adanya filter memang berfungsi untuk menyaring semua kotoran yang masuk, akan tetapi tidak semua kotoran dapat tersaring terlebih lagi kotoran kotoran yang berasal dari partikel partikel kecil yang dapat lolos melalai selang bensin dari tangky, dan itu juga mengakibatkan sepeda motor akan tiba tiba mati atau tidak mau nyala.
Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.