Merawat sarung jok motor harga dan pemasanganya


 ILMUCORO. Pada sebuah sepeda motor bagian yang tidak kalah penting dan sangat berperan dalam memberikan kenyamanan pada saat di kendarai adalah untuk bagian tersebut yaitu bagian jok atau tempat duduk pada sebuah sepeda motor. Dari keberadaan jok terhadap sepeda motor yang begitu berperan penting dalam memberikan kenyamanan pada saat di pakai maka dari itulah para perusahaan besar pemegang produksi sepeda motor mendisaen sedemikian rupa, dengan seefektif mungkin melalui penelitian atau observasi observarsi untuk dapat membuat atau menciptakan bagian tempat duduk atau bagian jok senyaman serta seenak mungkin pada saat di kendarai baik untuk perjalanan jarak jauh maupun untuk jarak lokal atau dekat dari sebuah sepeda motor. hal ini terbukti pada bagian jok dari sepeda motor memiliki struktur atau unsur bagian bagian yang terdapat dalam jok tersebut, di antara bagian yang terdapat pada sebuah jok motor seperti bagian palng bawah yaitu, deg atau tatakan yang untuk sepeda motor saat ini, terbuat dari plastik atom, berbeda pada sepeda motor keluaran dulu untuk deg atau tatakan terbuat dari seng yang cenderung lebih mudah mengalami karat akibat sering terkena air sehingga lebih tidak awet dan rapuh namun keadaanya berbeda lebih awet serta tahan lama untuk bagian deg yang terbuat atom plastik yang anti karat selain terdapat deg atau tatakan pada jok motor juga memiliki bagian busa yang bentuk dan jenisnya berbeda beda yang cenderung lebih tebal, empuk dan kuat sedang yang terakhir adalah bagian sarung jok atau penutup jok yang bertujuan dengan tedapat sarung jok agar pada saay di duduki atau di naiki terasa lebih adem, tidak bikin panas serta tidak berair dengan begitu walaupn terkena air bagian jok yang tutupi sarung jok tetap kering atau tidak basah serta tetap nyaman pada saat di duduki jok tersebut.

Mengenai bagian atau unsur unsur serta komponen yang di miliki pada sebuah jok motor, walaupun di buat atau di disaen sedimikian rupa, senyaman mungkin dan seawet mungkin akan tetapi tetap saja mempunyai jangka waktu atau masa berlakunya tidak bisa permanen kuat dan awetnya, mungkin untuk bagian deg atau tatakan dapat memiliki masa aktif lebuh lama di banding bagian lainya seperti busa dan sarung jok yang memungkinkan lebih pendek kekuatanya. untuk bagian jok motor yang di sebut busa dalam hal keawetan atau kekuatanya biasanya di tentukan atau di pengerahui bagian sarung jok atau penutup jok, sedang untuk bagian sarung jok dari sebuah sepeda motor, apabila bagian sarung jok yang merupakan bagian sangat rawan mengalami kerusakan atau sobek akibat terkena dari benda benda tajam baik yang di sengaja atau tidak di sengaja. Padahal mengenai masa kekuatan atau awet tidaknya bagian jok motor adalah di tentukan dari keadaan atau kondisi sarung jok, dengan begitu semakin atau selalu bagus serta utuhnya sarung jok maka akan membuat awet dan bagus bagian jok motor tersebut, hal ini berbeda apabila terjadi kerusakan sarung jok dan tidak langsung memperbaikinya maka di pastikan akan merembet atau mengarah terjadi kerusakan terhadap busa jok bahkan dapat berpotensi terjadinya kerusakan terhadap bagian komponen deg atau tatakan jok motor tersebut. Dengan begitu untuk bagian sarung jok motor adalah merupakan bagian vital, penting atau kunci keawetan dari sebuah jok pada sepeda motor.

Dari adanya yang sangat penting serta pokok kunci dari sebuah sarung jok motor dalam menentukan keawetan atau kekuatan pada jok sebuah sepeda motor, sehingga bagi para pemilik sepeda motor sebaiknya mengetahui serta memahami cara cara atau metode untuk menjaga kewaetan sarung jok dari sebuah sepeda motor. dan berikut informasinya dalam menjaga keawetan sarung jok antaranya adalah :

A. Tidak sering memarkir sepeda motor di area terbuka atau berpotensi sarung jok terkena sinar matahari secara langsung.

B. Memasang sarung jok dari sebuah sepeda motor dengan sebuah barang yang di beri nama jaring jok atau penutup jok motor.

C. Sering mencuci yang di tambahkan dengan mengoleskan cairan kit agar sarung jok tetap lentur atau tidak kaku dan tidak rapuh.

D. Hindari sarung jok dari terkena gesekan, benda tajam, puntung rokok atau benda lancip yang menyebabkan lubang terhadap sarung jok motor.

E. Jangan biarkan kucing tiduran atau rebahan di atas sarung jok motor yang dapat membuat lubang jok dari cakaran kuku kuku kakinya.

Bagi para pemilik sepeda motor yang bagian sarung jok atau bahkan sudah rusak dan sobek segera lakukan perbaikan dengan mengganti sarung  agar tidak merembet terhadap bagian lain sebuah jok motor seperti bagian busa dan bagian deg tatakan jok motor tersebut. adapun dalam mengganti sarung jok para pemilik sepeda harus mengetahui tentan jenis jenis atau karateristik sarung jok yang kuat dan awet tahan lama. antaranya adalah :

A. Jenis sarung jok orisil atau sesuai standar sarung jok standar bawaan pabrik.

B. Jenis sarung jok yang terasa lentur, tidak kaku serta sedikit mulur pada saat di tarik.

C. Jenis sarung jok yang lapisan belakang terdapat dobelan seperti kain kasa berwarna putih bukan biru atau hitam dan lainya.

D. Jenis sarung jok yang bermerk m bteck.

E. Jenis sarung jok yang bagian depan berbentuk cembung atau gumpal serta disebut vacum.

Dan apabila pemilik sepeda motor yang bagian sarung jok mengalami kerusakan atau sobek dan ingin mencoba menggantinya sendiri. berikut ini cara dan tekhniknya serta alat alat yang biasa di pakai dalam memasang sarung jok motor antaranya :



Dalam memasang sarung membutuhkan alat alat yang di pakai dan di gunakan yaitu

1. Obeng min.

2. Tang atau djumput.

3. Kunci T 10.

4. Gunting.

5. Stples ukuran sedang.

6. isi steples merk etona ukuran sedang.

Selanjutnya setelah semua alat yang nantinya di pakai atau di gunakan untuk selanjutnya adalah cara dan tekhnik memasang sarung jok motor adalah :

A. Membuka atau mencopot bagian jok motor dengan menggunakan kunci T 10.

B. Mencabuti atau mencopot isi steples yang menempel dengan memakai obeng min serta tang atau djumput.

C. Memasang sarung jok motor dengan menyetplesi sarung jok yang baru memakai steples yang tersedia adapun untuk tekhniknya meluputi :

- Menyetepkes bagian depan.

- Melanjutkan menyeteples bagian ujung belakang sambil menarik kebelang hingga terlihat sarung jok ketarik.

- Setelah bagian belakang di stples lanjutkan menyeteples bagian samping tengah juga sambil di tarik dan terlihat ketarik.

- Berikutnya menyeteples bagian samping depan dan bagian depan secara keseluruhan jangan lupa sambil menarik agar menghasilkan sarung jok yang rapi atau tidak mengkerut.

- Lakukanlah tekhnik seperti ini yaitu menarik sambil menyeteples hingga keseluruh bagian dan terlihat rapi tidak mengkirut.

- Memotong atau merapikan sarung jok yang tidak terpakai dengan memakai cutter, langkah ini di lakukan apabila proses menarik dan menyeteples telah benar benat selesai atau sudah sempurna rapi dan tidak ada bagian sarung jok mengkirut atau rata.

Dari banyak sarung jok untuk sebuah sepeda motor yang berada di pasaran atau yang sering di temukan dan di pakai oleh sebuah sepeda motor yang sangatlah banyak jenisnya serta juga bervariasi harganya beserta jasa masangnya. Dan untuk mengetahuinya adalah sebagai berikut :

A. Sarung jok motor yang biasa atau standar biasanya memiliki ciri ciri lapisan belakang berwarna biru, ada yang polos hitam serta memiliki motif gambar. adapun untuk harganya berkisar Rp 55.000 - Rp 65.000.

B. Sarung jok motor press adalah sarung jok yang memiliki motif dan terdapat dobelan di belakang atau di balik sarung jok tersebut. dan untuk harganya sekitar Rp 70.000 - Rp 80.000.

C. Sarung jok kualitas sedang atau di atas standar umumnya hitam polos, lapisan belakang berwarna putih semi kasa dan bermerk jamaeca, akasa dan lainya. untuk harganya kira kira Rp 80.000 hingga Rp 90.000.

D. Sarung jok kulit jeruk merupakan sarung jok yang memiliki bentuk seperti kulit jeruk dan lentur adapun harga jual di pasaran berkisar Rp 70.000 hingga Rp 80.000.

E. Sarung jok m btech adalah sarung jok yang berkualitas bagus serta kuat cirinya terdapat merk dagang m btech untuk harganya adalah Rp 100.000 hingga Rp 125.000.

F. Sarung jok karbon atau sarung jok biker kevlar pada sarung jok jenis ini biasa halus mengkilap dan varian warna beragam seperti hitam, merah, kuning, biru, cokelat dan hijau atau banyak lagi serta terdapat merk biker atau polos tanpa merk. untuk harganya sekitar Rp 80.000 - Rp 90.000.

G. Sarung jok original sama seperti bawaan pabrik terlihat polos, halus atau bintik seperti orisil dan untuk harganya Rp 120.000 sampai Rp 140.000.

Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel