Air hujan pada motor jangan disepelekan efeknya
ILMU CORO. Salah satu perilaku yang dilakukan oleh banyak pemilik sebuah sepeda motor pada saat sekarang ini adalah mengabaikan atau menganggap remeh sesuatu yang terlihat kecil, terlihat sepele padahal memiliki dampak yang sangat buruk dan sangat berarti sekali terhadap sebuah sepeda motor. Di antara hal hal yang terlihat kecil dan sepele seperti halnya sinar matahari, tidak rutin service, rem kurang maksimal serta tidak kalah penting adalah sebuah air hujan. Mengenai yang namanya air hujan ini kita sering melihat tidak sedikit pemilik sepeda motor yang cenderung tidak memperhatikan, menyepelekan bahkan acuh atau biasa biasa saja. Dari perilaku yang seperti itu terbukti banyak sebuah sepeda motor di parkir sembarangan pada saat musim hujan sehingga sampai mengalami basah kuyup kesuluruh body hingga sampai kebagian dalam atau malah sengaja dari sebuah air di manfaatkan untuk nencuci dari sepeda motor tersebut, juga masih banyak kejadian yang semacam itu yang dilakukan oleh pemiliknya.
Padahal kalau di dalami atau ditelusuri, adanya masalah masalah pada sebuah sepeda motor yang di alami sampai dengan hari ini, adalah berangkat dari akibat para pemilik sepeda motor yang tidak peka, tidak memperhatikan atau terlalu acuh dari sebuah yang bernama air hujan. Adapun pada sebuah air hujan, kita harus pahami dan ketahui bersama dengan segala kandungan pada air hujan yaitu tinggi sekali akan zat asamnya juga kandungan HO2 atau uap air serta untuk jenis jenis air hujan tertentu terkandung zat garam, sehingga apabila sering dengan rutin serta secara kontinyu durasinya dapat memicu efek yang sangat memperhatikan memperparah dari permukaan benda yang di kenainya, dan itu hampir untuk semua jenis benda baik yang di sengaja maupun tidak di sengaja. Oleh sebab itulah sebaiknya jangan anggap remeh adanya sebuah air dengan tinggi zat asamnya, agar terhindar dari masalah masalah yang di timbulkan. Untuk akibat dari sebuah air hujan terhadap sepeda motor adalah sebagai berikut :
Sebuah air hujan setelah di dalami atau di teliti oleh para peniliti yang ahli di bidangnya darinya mengandung zat asam yang tinggi, HO2 serta kandungan garam, kandungannya tersebut dapat memicu banyak sekali masalah masalah terlebih sebuah sepeda motor. Untuk itu berikut penjelasannya dari kami :
A. Berpontensi terjadinya kerapuhan terhadap bagian body motor.
Dari kandungan zat asam tersebut, yang sangat tajam sekali untuk benda yang sering terkenalnya termasuk body sepeda motor terbuat dari bahan plastik berakibat permukaan mudah rapuh atau mudah pecah. Maka hindari bagian body terkena air hujan.
B. Jamur terhadap bagian body.
Untuk bagian body sebuah sepeda motor terlihat berjamur atau bintik bintik putih, kita pasti sering melihatnya, itulah menjadi penyebab utamanya dari sebuah air hujan tang sering mengenai bagian body tersebut, dan jika sudah parah sangat susah untuk menghilangkannya.
C. Komponen besi atau sasih, velg serta ruji berkarat.
Akibat seringnya permukaan dari komponen besi dari sebuah sepeda motor, seperti besi, sasis, velg, ruji, stang, serta bagian lainya yang terkenal air hujan dengan jarak tertentu dapat di pastikan bagian tersebut akan berkarat atau rusty dan neyeng.
D. Terjadinya keropos atau bolong pada permukaan terkena air hujan.
Apabila sudah terlihat berkarat pada bagian tertentu dari sepeda motor, dan itu di biarkan berlarut larut tanpa adanya antisipasi atau mengatasinya maka cepat atau lambat pasti akan mengali bolong bolong dan rapuh akhirnya patah. Itulah efek dari sebuah air hujan.
E. Sepeda motor banjir dan macet tidak nyala.
Akibat lainya dari sebuah air hujan yang membasahi seluruh bagian sepeda motor sampai kebagian terdalam ialah sepeda motor dari bagian busi basah serta masuknya air terhadap bagian karbulator yang membuat sepeda motor macet tidak mau nyala apalagi dari bagian tersebut terbuka tanpa ada body yang menutupinya.
F. Rusaknya bagian jok sepeda motor.
Untuk sebuah sepeda motor yang memiliki riwayat pada bagian jok terlebih lagi bagian sarung joknya seperi ada lubang atau sobek dengan adanya sering terkena air hujan maka berpotensi kearah lubang yang melebar dan pasti merambah ke bagian busa yang rapuh atau terkikih hingga merusak ke bagian tumpuan atau deg dari jok tersebut.
G. Rante berbunyi kletek kletek akibat kering berkarat.
Rante kering dan berkarat juga dapat di alami dengan adanya sering terkena air hujan, akibatnya pada saat di kendarai akan mengeluarkan bunyi kletek kletek dan tersendat lajunya.
Setelah mengetahui berbagai macam dampak atau efek buruk dari sebuah air hujan, adapun sebagai langkah antipasinya agar tidak terjadinya pada sepeda motor kepunyaan kita adalah dengan cara senantiasa menghindari sepeda motor dari air hujan atau apabila sudah terlanjur terkena air hujan maka segera membilasnya dengan air hangat seluruh body serta keringkan dengan kanebo lebih baik lagi di tambah menyemprotkan kit body, dan semprotkan cairan chanlube atau cairan anti karat.
Demikian dari atas kekuranganya mohon maaf dan anggap angin lalu.