Bearing atau Laher jenis dan pemakaian pada motor


 ILMU CORO. Di dalam bagian roda terdapat komponen yang bernama Laher atau bearing, Dan untuk penyebutan yang lebih familiar atau terbiasa dari para pemilik sepeda motor adalah dengan laher roda. Dari adanya bearing atau Laher yang terletak di bagian roda pada sebuah motor baik untuk roda depan maupun roda belakang, memiliki manfaat dalam menjaga atau memberikan kegunaan untuk kesetabilan sepeda motor pada saat di kendarai. Mengenai Laher atau bearing sendiri pada umumnya besifat awet dan tahan lama, sesuai dengan bahan dasar dari elemen besi dalam pembuatannya, meskipun begitu bearing atau laher dapat juga mengalami kerusakan lebih dini dari standar kapaitasnya apabila dalam pemakaian tidak kontrol atau berlebihan seperti sering memuat barang berlebih serta ugal ugalan pada berkendara. Untuk mengetahui ciri ciri sebuah bearing atau laher yang mengalami rusak yaitu roda terasa ngegol saat di kendarai, apabila di goyang terasa Oblak atau tidak kencang dan jika di kocok bearing atau laher berbunyi dan kocak.

Pada sebuah bearing atau laher selain berbeda istilah penyebutanya, juga terdapat banyak sekali jenis, macam bahkan mempunyai kode tersendiri, yang memang di peruntukan khusus pada masing masing sepeda motor. Komponen bearing atau laher yang banyak jenisnya pada umumnya untuk penggunaan pemakainya dari setiap jenis merk motor tidak sama, sebagai contoh bearing laher yang di pakai sepeda motor jenis Honda dengan Yamaha tidak sama kemudian juga antara sepeda motor Suzuki dengan sepeda motor Kawasaki juga berbeda bahkan terkadang dalam satu jenis sepeda motor pun penggunaan bearing laher tidak sama, yang di sesuaikan dari tempat dudukan bearing atau laher yang di miliki. Sedikit menambah pengetahuan atau wawasan pada sebuah sepeda motor adanya bearing atau laher biasanya terletak di bagian roda depan, roda belakang serta di bagian dalam gear belakang. Adapun untuk jenis bearing laher yang di pakai pada sepeda motor antaranya adalah :



Penggunaan jenis jenis bearing atau laher yang di pakai pada sepeda motor adalah sebagai berikut :

A. Bearing atau laher dengan lobang ukuran as roda 12.

Bearing atau laher jenis ini merupakan yang paling kecil seukuran kunci bernomor 12 yang terdapat khusus pada sebuah sepeda motor Suzuki untuk bagian roda depan dan menggunakan dua buah laher bearing.

B. Bearing atau laher dengan lobang ukuran as roda no 14.

Jenis dari bearing atau laher ini memiliki lubang lebih besar di atas bearing atau laher ukuran as no 12, dan untuk penggunaan biasanya terletak di bagian roda bagian depan pada sepeda motor jenis Honda dengan Yamaha dan jenis lainya serta ada 2 buah.

C. Bearing atau laher dengan lobang ukuran as roda no 17.

Untuk penggunaan jenis laher ini biasanya terletak di bagian roda depan juga ada 2 biji dan biasanya pada sepeda motor jenis Honda Honda dan Yamaha atau jenis lainya. Ciri ciri lobang besar seukuran kunci no 17 dengan mur ada yang seukuran kunci no 17 serta ada juga yang seukuran kunci no 19.

D. Bearing atau laher berlobang paling besar.

Sedang untuk bearing atau laher jenis berlubang paling besar adalah yang biasa di milik pada bagian dalam gear belakang dan spesial hanya di miliki pada sepeda motor jenis Kawasaki dan tidak di miliki oleh jenis sepeda motor lainya.

Sekian dari kami atas kekuranganya mohon maaf dan anggap angin lalu.

Sumber dari : ILMU CORO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel