Gear motor ciri dan harganya


 ILMU CORO. Bagian komponen dari sepeda motor yang memiliki pasangan atau saling berkaitan satu sama lain salah satunya adalah yang disebut gear. Dari sebuah gear menjadikan atau memberi manfaat sebuah sepeda motor dapat bergerak dan melaju berjalan sebagaimana mestinya. Adapun untuk komponen gear sendiri seperti kita pahami bersama terdapat pada sepeda motor ada dua bagian antara lain gear yang letaknya di depan serta gear yang berada di belakang. Pada komponen gear tersebut meskipun sama sama disebut gear akan tetapi bentuknya berbeda antara gear depan dengan gear belakang yaitu pada gear belakang terlihat lebih besar di banding gear depan. Dengan perbedaan bentuk dari komponen gear memang sengaja di buat seperti itu dengan mengacu atau mempertimbangkan kesesuaian dari performa sepeda motor tersebut.

Dengan komponen gear pada sebuah sepeda motor yang memiliki ciri khusus bagian depan lebih kecil dari gear belakang, memang dapat menghasilkan kerja atau performa yang tepat untuk sepeda motor. Perlu di ketahui adanya gear tidak sekedar memberikan manfaat untuk menentukan laju atau jalanya motor saja, namun dari bagian gear dapat memberikan pengaruh terhadap kecepatan, kekuatan atau tenaga dan performanya dari sepeda motor. Sehingga sering kita jumpai banyak pemilik sepeda motor yang mengotak ngatik dari bagian komponen gear untuk mendapatkan hasil performa yang di inginkan, sebagai contoh untuk mendapatkan performa sepeda motor bertenaga dapat dilakukan dengan merubahkan bentuk ukuran gear yaitu gear depan memakai yang sedikit lebih besar serta untuk gear bagian belakang di buat sedikit lebih kecil dari ukuran standar bawaan sedang apabila menginginkan perfoma cenderung lebih cepat laju dari sepeda motor dengan mengubah gear depan sedikit lebih kecil sedang untuk pada gear belakang memakai gear yang lebih besar dari ukuran standar bawaan dari pabrik. Dan untuk performa komponen gear sebagai bawaan atau stelan dari pabrik biasanya hasil kerjanya berada di tengah tengah atau tidak kuat maksimal tenaganya dan untuk kecepatannya juga standar.

Pada sebuah komponen gear setelah di dalam menghasilkan efek atau performa yang tidak sama dan berbeda beda, akan tetapi memiliki kesamaan Ciri atau tanda tanda yang berindikasi apabila sudah saatnya ini di ganti atau menurun performanya, adalah sama sama terlihat runcing atau lan cip pada bagian gigi giginya baik gear depan serta gear belakang. Bagi pemilik sepeda motor apabila mendapati keadaan kondisi gear yang seperti itu Antara lancip bahkan runcing. maka lebih baik untuk segera menggantinya agar perfotma yang di hasilkan selalu prima atau bagus tidak menurun. Mengenai untuk dapat mengganti bagian komponen gear sebenarnya juga tidak sulit, mudah serta dapat melakukanya sendiri dirumah  tanpa harus mengeluarkan biaya dalam ongkos pasangnya atau tanpa harus mengantri di bengkel motor. Tentang kemudahan dalam ganti komponen gear motor tidak di perlukan tekhnik khusus serta untuk alat yang dipakai juga sangatlah sederhana mudah dicari bahkan untuk harganya variatif tergantung jenis dan merk atau kualitasnya dapat disesuaikan dengan kemampuan masing masing. Adapun untuk harga yang di tawarkan untuk jenis gear motor berkisar antara Rp 120.000 sampai Rp 200.000.



Sebelum kita masuk dalam memasang gear motor agar mendapatkan performa yang lebih maksimal sebaiknya dalam mengganti gear tersebut dengan cara satu set sekalian tidak cuma satu bagian saja. Untuk dapat mengganti bagian gear pada sepeda motor mengenai alat alat yang di gunakan serta dipersiapkan antaranya adalah sebagai berikut :

A. Kunci 12.

B. Kunci no14.

C. Kunci no 17 atau no 19.

D. Kunci no 8 jenis T.

Setelah semua alat yang nantinya di pakai selanjutnya masuk kedalam proses pemasangannya, antara lain :

A. Membuka as roda dan bagian didalamnya.

Langkah pertama yaitu dengan membuka as roda dengan semua komponen yang terdapat padanya seperti baud as rem belakang, baud tromol di bawah stang rem, di tambah lagi baud as roda. Dan untuk alatnya baud stang rem menggunakan kunci no 12 dan obeng untuk menekan, baud stang tromol kunci no 12 atau no 14 serta untuk as roda pakai kunci no 14, di tambang kunci no 17 atau no 19 disesuaikan jenis mur yang di pakai.

B. Membuka tutup gear depan.

Setelah roda belakang sudah kebuka berikutnya adalah mencopot penutup gear bagian depan untuk alat yang di pakai adalah kunci T no 8 agar lebih mudah atau mempercepat pencopotannya.

C. Mengganti atau memasang komponen gear belakang.

Langkah selanjutnya adalah mengganti bagian gear belakang agar lebih mudah, gampang dan cepat sebaiknya gunakan kunci T no 14 atau bahkan kunci jenis sok juga dengan no 14.

D. Membuka atau mengganti gear depan.

Berbeda dengan gear bagian belakang untuk gear bagian depan cenderung lebih mudah dan gampang, sebab hanya terdapat satu bagian baud atau jenis pengunci saja sehingga yang di gunakan tekniknya lebih mudah atau gampang.

Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.

Sumber : ILMU CORO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel