Rem motor serta jenis jenisnya
ILMU CORO. Pada sepeda motor dari keluaran atau produksi pada saat sekarang ini sedikit mengalami perbedaan di bandingkan sepeda motor keluaran lawas atau dulu, salah satu perbedaan tersebut adalah bagian komponen rem. adapun komponen rem sepeda motor sekarang atau produksi terbaru sudah mengalami dan sedikit di beri sentuhan dari pengembangan tekhnologi yang diperbaharui atau di di rancang secara modern dengan sistematis mempertimbangkan segala atau banyak hal yang tujuanya memberikan kenyamanan, ketenangan serta paling penting adalah tentangan keselamatan atau keamanan pengendara sepeda motor. Adapun perbedaan bagian komponen rem antara sepeda motor jaman dulu dengan jaman sekarang adalah mengenai pemakaian atau penggunaan jenis, untuk jenis rem dari sepeda motor era dulu yang di dominasi dengan jenis rem tromol sedangkan dari sepeda motor sekarang populer pada umumnya memakai jenis rem cakram. Dari kedua jenis rem tersebut sebenarnya tidak hanya dari sebuah sepeda motor saja melainkan terhadap kendaraan atau alat tronsportasi lainya, seperti pada sebuah kendaraan roda empat pada mobil selain itu juga pada sebuah sepeda juga sekarang ini dari produksi terbaru banyak yang menggunakan jenis komponen rem cakram, tidak seperti dulu yang memakai kompinonen rem jenis tromol.
Mengenai pemakaian atau penggunakan bagian komponen rem yang terdapat pada sebuah sepeda motor sekarang dengan sepeda motor era dulu tidaklah sama, memang kedua jenis tersebut antara jenis rem cakram dengan jenis rem tromol memiliki kapasitas masing masing yang tidaklah sama, di antaranya pembeda tersebut dari performanya, perawatanya serta manfaatnya yang disesuaikan atau di sinkronkan dengan kondisi keadaan selera pasar atau kondisi atau keadaan para pengguna dan pemilik sebuah sepeda motor. Dan untuk keadaan konsumen atau para pengguna sebuah sepeda motor pada saat sekarang ini juga mengalami perkembangan, kalau pengguna sepeda motor dari jaman dulu sebatas dalam mempermudah atau meringankan aktivitas keseharian merekan akan tetapi untuk keadaan atau situasi para pengguna atau pemilik sepeda motor telah mengalami perkembangan atau lebih luas lagi, selain memudahkan, mempercepat aktivitas keseharian mereka namun dari sebuah sepeda motor tidak sedikit yang memanfaatkanya untuk ajang modifikasi serta ajang balapan atau perlombaan turnamen. maka dari itulah dari adanya yang seperti ini menjadikan bagian komponen rem mau tidak mau harus ikut mengalami perkembangan sebagai langkah penyesuaian.
Dari adanya pengembangan komponen bagian rem dari jenis rem tromol berubah menjadi jenis rem cakram, memang dari kedua jenis rem tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan. Sehingga dari adanya kelebihan atau kekurangan jenis komponen itu, tidak jarang pada sekarang ini terlebih untuk jenis rem tromol yang masih memakai atau memanfaatkanya, sebagai bukti masyarakat sekarang ini memiliki kemampuan untuk membandingkanya sehingga dapat menentukan dalam memakai atau menggunakan jenis rem sesuai kebutuhan dan keinginan masing masing. Untuk itulah untuk memperdalam dan menambah wawasan kita semua sebagi pengguna sepeda berikut kami akan menginformasikan tentang kelebihan dan kekurangan dari jenis rem cakram, dengan jenis rem tromol antaranya adalah sebagai berikut :
A. Kelebihan dari komponen atau jenis rem cakaram.
- Memiliki performa lebih bagus dan prima.
pada komponen rem jenis cakram sangat sesuai dengan kondisi masyarakat sekarang cenderung memanfaatkan sepeda motor lebih luas dan maksimal dengan performa komponen yang bagus sangat cocok dan sesuai dengan masyarakat yang memaksimalkan sebuah sepeda motor.
- Jenis komponen rem cakram cenderung lebih awet dan tahan lama.
Awet dan tahan lama adalah sesuatu yang di inginkan dari masyarakat sekarang ini dan itu di miliki oleh jenis rem cakram yang lebih awet serta tahan lama sehingga tidak harus sering mengganti bagian kampas rem tersebut.
B. Kekurangan komponen jenis rem cakram.
- Rem jenis cakram lebih banyak perawatan atau banyak bagian di dalam.
para pemilik sebuah sepeda motor yang bagian komponen rem memakai jenis rem cakram, di tuntut lebih ekstra perawatan yang banyak seperti minyak rem, kampas rem, master rem serta piringan cakram yang perlu adanya pengecekan secara rutin.
- Biaya yang lebih banyak dari komponen jenis cakram.
Dari adanya pada komponen jenis rem jenis cakram yang memiliki banyak bagian sehingga membuat atau menjadikan dalam perawatanya juga memerlukan banyak biaya yang harus di keluarkan.
C. Kelebihan dari jenis rem tromol.
- komponen jenis tromol memiliki kelebihan mudah perawatan terutama dalam mengatasi masalahnya.
Jenis rem tromol terdapat keuntungan lebih mudah perawatan terlebih dalam mengatasi masalahnya seperti performa menurun cukup mengganti kampas saja atau bahkan apabila masalah performa yang kurang pakem dan belum parah dapat di atasi dengan menekan baud stang rem kedalam tanpa harus langsung mengganti bagian kampasnya.
- Harga terjangkau sehingga lebih hemat dan ringan.
lebih hemat, ringan serta harga terjangkau dalam mengatasi atau merawat jenis rem tromol dan itu berbeda dengan jenis rem cakram yang cenderung lebih besar anggaran yang harus di keluarkan.
D. Kekurangan dari jenis rem tromol.
- kurang maksimal atau bagus serta daya pakemnya.
Pada jenis rem tromol pada umumnya performanya tidak maksimal dan tidak seprima jenis rem cakram, oleh sebab itulah pada sepeda motor yang bagian remnya menggunakan jenis tromol sangat berisiko apabila di kendaraai dengan jalan cepat atau jarak jauh serta jalan tikungan tajam atau menurun tidak rata.
- Perlu sering mengganti bagian kampas dari sebuah rem jenis tromol.
Dari pemakaian jenis rem tromol yang sering di hadapi biasanya sering melakukan penggantian bagian kampas yang cenderung lebih boros, di sebabkan kampas bagian utama atau pokok dari jenis rem tromol tanpa ada bagian lain yang membantu menunjang performa daya remnya.
Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.