Rem motor untuk ciri ciri dan performanya


 ILMU CORO 
Dalam mengendari sebuah sepeda motor hal yang paling penting atau utama adalah mengenai keselamatan, keamanan, ketenangan serta kenyamanan dari mulai terhadap pengendara itu sendiri maupun sesama pengguna di jalan raya. adapun untuk dapat mencapai atau memperoleh tujuan tersebut pada saat mengendaraai sebuah sepeda motor hal itu mencakup banyak faktor faktor yang harus di perhatikan dan di pahami semua pengendara dan pemilik sepeda motor. Dari banyak faktor faktor yang penting dalam menunjang keselamatan dan keamanan berkendara di antaranya yaitu mengenakan pengaman kepala, memakai masker, mengenaikan sepatu, jaket serta lainya dan yang tidak kalah penting untuk tidak lupa membawa surat surat kelengkapan berkendara meliputi sim serta stnk, itu semua hal hal dari aspek pengendara itu, selain itu juga agar keselamatan selalu terjaga pada saat berkendara sepeda motor dari aspek sepeda motor sendiri. Adapun untuk aspek keselamatan atau keamanan dalam berkendara yang di pengaruhi keadaan kondisi sebuah sepeda motor untuk faktor faktornya tidak kalah banyak apabila di samakan dari hal hal pada diri pengendara itu sendiri.

Mengenai faktor faktor untuk mendapat atau memperoleh keselamatan dan keamanan berkendara yang perlu di perhatikan dari sebuah sepeda motor dan itu mencakup banyak hal hal, diantaranya meliputi keadaan ban atau roda, kondisi mesin, bagian pengapian serta paling penting adalah komponen rem atau rem motor tersebut. Untuk bagian atau komponen rem sebagaimana kita ketahui bersama memang bagian yang memiliki peran utama atau masuk kategori pokok dalam menunjang terhadap faktor faktor keselamatan berkendara bermotor. kita tidak bisa membayangkan seandainya pada sebuah sepeda motor apabila tidak memiliki komponen rem, yang terjadi meskipun sebuah sepeda motor tanpa adanya komponen tetep dapat jalan akan tetapi dapat di pastikan banyak sekali kecelakaan lalu lintas serta tentang keselamatan berkendara tidak bisa di minimalisir atau meraja lela. oleh karena itulah komponen rem dari sebuah sepeda motor tidak boleh di abaikan dan harus di perhatikan dengan maksimal dan ekstra di perhatikan lebih bagi para pengendara dan pemilik sepeda motor. dan untuk mengetahui dan memahami performa komponen sebuah rem dari sepeda motor terlebih mengenai kondisi rem yan masih bagus atau prima biasanya memiliki ciri ciri antaranya :

Komponen rem yang di miliki sebuah sepeda motor, dengan performa atau kondisi prima, memiliki ciri ciri khusus untuk mengetahuinya yaitu :

1. Rem jenis tromol.

A. Pedal rem bila di tekan dalam.

Pedal rem apabila ditekan terasa dalam atau ekstra bertenaga hal itu menunjukan dan menjadi ciri ciri khusus tentang performa rem sudah tidak bagus serta sudah menipis sehingga apabila memiliki keadaan yang seperti itu sebaiknya segera menggantinya agar keselamatan dan keamanan terjaga.

B. Baud stang rem belakang terlihat menekan kedalam terhadap peer stang.

Mengenai performa rem atau kondisi yang sudah tidak bagus dan meninipis menjadi ciri cirinya yaitu apabila terlihat baud stang rem menekan kedalam  terhadap bagian peer stang rem belakang. maka harus segera di ganti atau di perbaiki untuk terjaganya kesalamatan dan keamanan berkendara.

C. Kampas rem tipis dan tinggal tersida besinya saja.

Menjadi ciri ciri lain apabila komponen rem mempunyai keadaan tidak bagus atau sudah tipis yaitu dengan terlihat kampas rem menipis dan hanya menyisakan permukaan besinya saja, untuk keadaan ini dapat di ketahui apabila komponen rem belakang di buka tromolnya.

2. Rem jenis cakram.

A. Minyak rem habis.

Keadaan rem minyak habis untuk jenis rem jenis cakram adalah salah satu yang menentukan dari performa atau kondisi sebuah rem jenis cakram. dari adanya minyak rem yang habis dapat menyebabkan rem blong atau tidak pakem sehingga pastikan minyak selalu ada dengan mengecek dengan teratur dengan performa rem selalu bagus demi keamanan serta keselamatan berkendara.

B. Kampas rem cakram tipis.

Untuk kampas rem jenis rem cakram, yang sudah menipis biasanya membuat atau menjadikan menurunya performa dari daya pakemnya selain itu juga dari kampas rem yang tipis dapat mengakibatkan goresan terhadap bagian piringan cakram serta menimbulkan bunyi yang mengganggu pada saat di kendaraai sebuah sepeda motor tersebut.

C. Keadaan atau terjadinya masuk angin.

Masuk angin merupakan kondisi yang terjadi pada sebuah rem cakram dan tidak terjadi pada rem jenis tromol. untuk keadaan masuk angin juga dapat menimbulkan performa rem tidak maksimal sebagaimana mestinya sehingga sangat rawan berpotensi kecelakaan yang membahayakan keselamatan dan keamanan pada saat berendara.

D. Master rem tidak main atau tidak berfungsi.

Hal hal yang dapat terjadi dari jenis rem cakram adalah master rem tidak main atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, hal ini terjadi akibat rem yang kotor dari debu dan kotoran karena terlalu lama di bersihkan. dari adanya master rem yang macet dapat menimbulkan roda tiba tiba macet tidak mau bergerak, kita tidak bisa bayangkan kalau pada saat berkendara tiba tiba roda gancet tidak mau bergerak hal seperti sangat rawan terhadap keselamatan dan keamanan berkendara.

Demikian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel