Tips Tips benar pasang busi motor


 ILMU CORO 
Bagian yang menjadi nyawanya pada sebuah sepeda motor adalah bagian mesin, Tanpa adanya sebuah mesin untuk sepeda motor tidak mungkin dapat bergerak atau berjalan. Karena pada komponen mesin memiliki fungsi sebagai penggerak atau pendorong sehingga sebuah sepeda motor mampu melaju sebagaimana mestinya. adapun mengenai komponen mesin sendiri terdapat bagian bagian yang sangat banyak atau beragam sekali jenis serta macamnya, diantara di dalam sebuah mesin sepeda motor meliputi seher, stang seher, ring seher, buring klep dan itu masih banyak lagi. Dari begitu pentingnya komponen mesin untuk sepeda motor, hal itu bukan berarti dari komponen mesin tersebut bekerja sendiri akan terdapat bagian lagi yang menunjang atau membantu bahkan berkontribusi terhadap bagian mesin dengan begitu komponen mesin dapat bekerja secara maksimal sehingga dari adanya mesin sepeda motor dapat bernapas, bekerja atau berjalan. Dan untuk bagian yang memiliki peran penting, ikut berkontribusi dalam menjaga performa sebuah komponen mesin adalah bagian pengapian atau penyuplai api kelistrikan. Mengenai bagian pengapian sendiri juga tidak kalah banyak dan sangat beragam bagian bagian di dalamnya.

Memang dari sebuah sistem pengapian didalam sepeda motor adalah termasuk menjadi urat nadinya sebuah sepeda motor terlebih untuk bagian mesin. dari sistem pengapian mampu menghasilkan atau membuat mesin nyala dan menggerakan sebuah sepeda motor. Dengan peranan yang sangat bermanfaat dari sistem pengapian bagi mesin, perlu kita ketahui bersama di dalam sistem pengapian juga kalau di pahami dan di telusuri mempunyai bagian yang tidak kalah banyak dan penting. pada sebuah sistem pengapian sendiri bermacam macam komponenanya antaranya seperti komponen kuil, komponen kipruk, komponenen CDI, serta busi dan masih banyak kompononen yang sifat lebih kecil dan tidak kalah penting dalam menghasilkan sistem api. Dari komponen sistem api tersebut, komponen yang paling populer dan dikenal oleh masyarakat luas yang nota bene pemilik sepeda motor yaitu komponen busi. untuk yang menjadi penyebab atau alasan begitu di kenalnya komponen busi di karenakan pada busi biasanya komponen yang sering riskan mengalami masalah masalah serta banyak di antara pemilik sepeda motor yang menganggap enteng serta menyepelekan dalam mengatasi terjadinya masalah di bagian ini. Padahal apabila sering mengalami masalah busi atau busi terlihat kotor dan basah, hal tersebut terdapat masalah lain di balik keadaan itu dan dalam mengganti busi juga harus paham tahu cara carany. untuk mengganti busi walaupun terlihat mudah dan cenderung di sepelekan atau di anggap mudah, banyak sekali kasus salah metode penggantian sehingga menyebabkan masalah lain selain busi seperti kiken atau drat lanas, pengapian tidak maksimal serta ketidak sesuaian pemakaian jenis busi. 

Maka dari itulah dalam hal ini, agar tidak mengalami masalah lain atau tepat dalam proses mengganti busi motor berikut kami akan informasikan mengenai tips benar dalam mengganti busi sebuah sepeda motor. di antaranya adalah :

A. Mengetahui jenis busi yang di gunakan.

Sebelum melangkah atau masuk proses mengganti busi, terlebih dahulu adalah mengetahui jenis busi yang sesuai dengan sepeda motor kepunyaanya, mengingat dari setiap tipe sepeda motor pada umumnya berbeda beda dalam penggunaan busi tersebut.

B. Pahami pemakaian dari alat atau kunci yang di tepat.

Dengan adanya berbagai macam tipe tipe jenis busi di pakai pada sepeda motor sehingga berefek juga terhadap penggunaan kunci atau alat yang di pakai dalam proses penggantian busi, oleh sebab itulah pahami dalam pemakaian kunci yang tepat dan sesuai dengan tipe atau jenis busi yang di pakai.

C. Membuka atau mencopot busi.

Dalam mencopot atau mengganti busi sebuah sepeda motor jangan di anggap enteng serta paham cara cara aman dan benar adapun untuk caranya adalah :

- membuka busi dengan hati hati tidak gugup tetap tenang.

- Masukan kunci busi kedalam busi lurus tidak miring atau mapan tepat untuk menghindari busi patah atau kunci atau busi mengalami lanas.

- Setelah telihat atau terasa mapan baru masukan stang kunci busi lalu menekan kedalam kekiri atau kedepan dengan hati hati dan berulang ulang hingga busi dapat tercopot.

- Dengan busi yang sudah terambil kemudian perhatikan keadaan busi, untuk busi masalah biasa biasanya kering dan tidak terlihat kotor hanya sedikit hitam akan tetapi sebaliknya itu menandakan terdapat masalah lain selain busi tersebut.

D. Memasang dengan menggunakan busi yang baru.

Sama atau tidak jauh beda dengan pada saat mengganti atau membuka busi dan memasang busi juga dengan hati hati agar tidak mengalami drat lanas, busi patah dan sistem pengapian tidak maksimal. untuk cara aman dan tepatnya yakni :

- Busi harus lurus tepat dratnya tidak menceng.

- sesudah busi mapan dan tepat putarlah kekanan atau kebelakang sebaiknya dengan tangan untuk lebih mudah serta terhindar dari mereng atau tidak lurus.

- Apabila sudah terasa kencang di putar dengan tangan baru di kencangkan dengan alat atau kunci busi hingga terasa kencang atau tidak mudah copot.

Sekian dari kami atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel