Darurat atasi lubang busi aus slek


 ILMU CORO. Masalah yang terdapat pada sebuah sepeda keluaran di tahun 2000, yang saat ini sering di jumpai atau ditemui salah satunya adalah terjadinya lubang atau tempat dudukan busi di bagian blok depan busi mengalami slek atau aus. Adanya masalah seperti ini memang suatu keadaan dimana pada umumnya terjadi secara tiba tiba atau seketika, jarang para pemilik sebuah sepeda motor tersebut dapat mengantisipasi dan mendeteksinya. Untuk sebuah sepeda motor yang tempat businya aus atau slek keadaan itu dapat terjadi pada saat berjalan atau saat di kendarai atau dapat juga Pada waktu melakukan proses pergantian busi yang Busi tidak mau di kencangkan.

Dalam menelaah atau mendalami sebuah kasus tentang tempat dudukan busi yang aus atau slek dimana sebuah busi yang tidak mau dikencangkan pada waktu memasangnya, untuk faktor pemicunya dimungkinkan adanya usia yang memasang sudah uzur diatas 5 tahun dan untuk kasus yang dialami terhadap sepeda motor yang berusia di bawah 5 tahun, di akibatkan mengganti businya pada saat kondisinya blok dalam keadaan panas tidak menungg dingin atau ayem dari blok yang akan di ganti businya. Maka dari itulah agar lebih aman serta terjaga kondisinya terhindar dari slek atau aus sebaiknya pada mengganti Bagian busi sebaiknya menunggu ayem atau dingin blok bagian tempat dudukan busi tersebut. Adapun dalam hal ini untuk mengatasi lubang busi atau tempat dudukan busi yang slek atau aus, yang umum dilakukan adalah dengan melakukan bushing kembali atau proses membuat draft agar busi dapat di pasang dan kencang tidak lepas, akan tetapi jika proses kejadian dari masalah lubang yang aus tersebut terjadi pas di time yang tidak tepat seperti di tengah jalan yang jauh dari bengkel ataupun pas kita sedang tidak miliki anggaran yang tidak memungkinkan untuk melakukan proses bushing kita dapat mengatasinya secara darurat.

Dalam mengatasi lubang atau tempat dudukan busi yang aus atau slek yang bersifat sementara serta darurat diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Menyiapkan alat alat yang nantinya di pakai atau di butuhkan.

- Seng atau aluminium bekas.

- isolatip.

- Palu.

- Gunting.

- Kunci busi.

B. Proses darurat atau sementara mengatasi lubang busi yang aus.

- Memotong atau menggunting bekasan seng aluminium dengan ukuruan kecil seperti cutter sebanyak 2 sampai 3 buah.

- Membalut ujung drat busi yang masuk kedalam lubang Busi di bagian blok mesin dengan menggunakan isolatip secukupnya.

- Memasukkan potongan seng aluminium yang sudah di bentuk kedalam bagian pinggir lubang busi tersebut sebanyak 2 atau 3 buah, agar dapat mencantel dan tidak lepas dari potongan aluminium terhadap lubang Busi maka tekuk keluarlah potong aluminum yang nongol keluar.

- Apabila sudah antara busi yang di balut isolatip dengan lubang busi yang di beri potongan seng, selanjutnya masukan untuk ujung busi yang di balut isolatip kedalam lubang busi sambil atau di barengi dengan sedikit di pukul memakai palu bagian businya agar dapat masuk serta kencang.

- setelah memastikan busi telah kencang atau seret barulah di lakukan proses pengetesan dengan di slah atau di engko sepeda tersebut. Jika pada saat di gas busi tidak lepas keluar itu tandanya sukses namun jika masih keluar busi tersebut lakukan proses seperti tadi kami sebutkan hingga benar kencang tidak keluar untuk bagian businya.

Demikian dari atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel