Gejala Aki sowak dari motor injeksi
ILMU CORO. Pada sebuah sepeda motor jenis injeksi, mengenai kebergunaan atau pemanfaatan bagian komponen yang bernama aki di bandingkan terhadap sebuah sepeda motor berjenis karbulator memang tidak sama atau terdapat sedikit perbedaanya. Untuk kegunaan dari bagian komponen aki bagi sepeda motor jenis injeksi cenderung lebih memiliki peran yang lebih penting dalam menjaga performa agar tetap prima dan bagus, hal ini di sebabkan hampir sebagian besar komponen di dalam sepeda motor jenis injeksi sangat bergantung dari sebuah komponen aki motor. Dengan sangat pentingnya kebearadan aki untuk sepeda motor jenis injeksi sehingga aki pada sepeda motor injeksi memiliki kapasitas yang lebih besar daya ampernya serta di desain lebih kuat tahan lama apabila di samakan dengan aku yang di miliki pada sepeda motor jenis karbulator yang komponen komponen tidak terlalu bergantung sekali terhadap bagian aki atau dengan kata lain masih tetap bisa hidup tanpa adanya bagian aki pada sepeda motor tersebut.
Sepeda motor jenis injeksi yang menjadi pemicu atau penyebab utama performanya yang tidak bisa lepas dari sebuah komponen aki adalah sistem transmisi otomatisnya, dari sistem otomatis injektion inilah sangat bergantung sekali performanya terhadap komponen aki. Dan apabila bagian aki untuk sebuah sepeda motor jenis injeksi mati atau sowak dapat di pastikan akan menimbulkan masalah atau dapat menyebabkan tidak berfungsinya salah satu bagian sistem otomatis tersebut, yang berpotensi merambah kebagian lain serta terparah motor yang di alami yaitu mati tidak mau nyala. Dengan demikian untuk menghindari hal tersebut tidak terjadi pada sepeda motor injeksi maka segera atasi masalah aki dengan memahami Gejala gejala aki sowak atau menurun performanya dari sepeda motor injeksi yang di alami agar performanya tetap prima dan selalu terjaga.
Dan untuk lebih mendalam mengenai gejala atau tanda awal komponen aki sowak atau menurun performanya pada sepeda motor injeksi diantaranya adalah :
A. Lampu indikator berkedip pada saat di starter.
Gejala awal bagian performa aki menurun adalah pada saat di starter yang terlihat hanya lampu indikator berkedip atau kelip. Apabila hal ini terjadi coba langkah mengecas aki untuk mengantisipasi aki sowak. Meskipun biasanya bagian lainya masih berfungsi seperti bagian lampu sein dan klakson.
B. Timbul suara Tek Tek.
Apabila pada saat di starter dari sepeda motor terutama injeksi yang terjadi mengeluarkan suara Tek Tek maka segera cek kondisi bagian aki tersebut. Keadaan seperti ini terjadi memiliki beberapa kemungkinan selain dari bagian aki juga bisa terhadap bagian kabel, dinamo atau lainya.
C. Lampu indikator mati atau lampu spidometer tidak mau nyala.
Bagian lampu indikator atau bagian spidometer mati atau tidak mau nyala biasanya masalah tersebut di sebabkan bagian aki yang mati atau sowak. Hal ini terjadi bukan secara tiba tiba akan tetapi apabila membiarkan menurunya performa aki tidak mengatasinya
D. Hanya mengeluarkan getaran atau bergetaran bagian belakang sebelah roda.
Untuk keadaan dimana hanya bergetar pada saat di starter terutama di bagian sebelah kiri di bawah tempat cvt roda belakang dapat di pastikan masalah dari aki yang sudah mati atau sowak.
E. Motor tiba tiba mati atau tidak mau nyala.
Sepeda motor yang mengalami mati secara tiba tiba dan tidak mau nyala kemudian indikasinya seperti yang kami sebutkan di atas hal ini pada umumnya adalah komponen aki yang bermasalah atau mulai menurun performanya.
Demikian dari atas kekurangan mohon maaf dan anggap angin lalu.