Bunyi tak tak sok depan motor penyebab dan mengatasinya
ILMU CORO. Dalam menambah segi kenyamanan, keempukan atau keenakan pada saat berkendara bermotor yang paling sering di perhatikan adalah bagian sok breker baik sok belakang maupun sok bagian depang yang terdapat pada sebuah sepeda motor. Untuk bagian sok antara sok depan dengan sok belakang di miliki motor yang dituntut lebih dalam menjaga kenyamanan adalah bagian sok depan, hal ini di karenakan pada sok depan apabila mengalami masalah seperti tidak empuk, keras dan bahkan mengalami mati tidak berfungsi dampak sangat terasa sekali dengan sepeda motor di bagian stang terasa kaku atau keras bahkan tangan gampang terasa capai malah terasa sakit dari adanya stang yang sulit serta ekstra dalam mengendalikanya apalagi saat melewati Medan tidak rata, tidak halus banyak berlobang pasti lebih signifikan efeknya.
Pada sebuah sepeda motor yang bagian sok depan mengalami masalah dan itu sering terlihat yaitu adanya sok depan yang mengeluarkan suara atau bunyi tak tak sangat keras terdengar oleh si pengendara itu atau malah sampai di dengar oleh pengendara lain terlebih padat melintas jalan yang tidak rata dan banyak lubangnya. Sebenarnya untuk kasus seperti dari sebuah sok depan motor berbunyi tak tak biasanya klimaks dari dari masalah masalah kecil yang di biarkan berlarut larut hingga akhirnya sampai mengalami seperti itu. Padahal adanya bunyi tak tak tidak mungkin terjadi kalau pemilik sepeda motor tersebut mengetahui, memahami serta mengatasinya masalah masalah yang terjadi sebelum sampai menjurus kesitu. Dari sebuah masalah atau penyakit yang parah pada umumnya di mulai dari penyakit ringan yang menumpuk akhirnya menjadi parah, itu juga sama seperti kasus suara tak tak titik awal mulanya dari yang kecil sifatnya ringan yang menumpuk merambah kebagian lain sampai puncaknya bunyi tak tak yang keras terdengar. Berikut ini beberapa penyebab awal sampai membuat sok depan mengeluarkan bunyi tak tak di antaranya adalah sebagai berikut :
Beberapa masalah masalah yang sifatnya ringan namun berpotensi menjadi berat dengan berbunyi tak tak pada bagian SOk depan dari sebuah sepeda motor yaitu :
A. Karet sil klep sok depan sobek atau rusak.
Sok depan sebuah sepeda motor yang bagian karet sil klep karena pemakaian yang sudah lama atau sudah termakan usia mengalami rusak, sobek atau pecah sehingga menimbulkan minyak atau oli sok ngrembes merembes keluar menetes dan keadaan ini terlihat Jelas apabila pemilik motor peka atau respect adalah langsung menggantinya untuk menghindari Merambah menjalar kebagian lainya.
B. Minyak atau oli sok depan motor motor habis.
Adanya minyak atau oli sok adalah berfungsi untuk membuat licin pada sok depan bekerja terutama bagian as sok namun apabila sampai kehabisan dan tidak langsung mengisinya dapat berakibat as sok kesed tidak licin sehingga menyebabkan as lecet membekas dan itu juga dapat di lihat luka tersebut dari as sok depan yang lecet akhirnya menimbulkan lubang padahal kalau as sok sudah berlubang tidak bisa menampung minyak atau oli sok Sehingga harus mengganti as sok yang baru yang tidak bocor atau merembes dan sanggup menampung minyak atau oli sok depan kalau sudah begitu pasti biaya lebih mahal.
C. As sok termakan sudah tidak center atau tidak kencang.
Pada sebuah as sok depan selain mengalami lubang juga sering terjadi mengalami aus, termakan atau tidak center akibatnya as sok tidak kencang atau oblag ini juga di sebabkan adanya kehabisan minyak atau oli sok yang habis dan mengering dalam menghadapi keadaan yang kaya gini solusinya juga harus mengganti bagian as sok depan untuk mendapatkan tidak oblag kencang serta center dengan begitu sok depan kembali asal atau normal lagi seperti semula.
D. Peer as sok depan lembek atau melemah.
Di bagian ujung as sok depan motor untuk bagian luarnya terdapat sebuah komponen berupa peer yang melingkar as sok, jika peer sudah melemah atau melembek juga dapat menimbulkan suara tak tak untuk itu dalam mengatasinya yaitu dengan mengganti peer yang masih dalam kondisi kuat dan bagus baik dengan yang baru atau peer bekas. dengan begitu bunyi tak tak dapat hilang tidak terdengar lagi.
E. Karet klep as sok bagian dalam ujung as sok harus ada terpasang tidak boleh tidak terpasang.
Untuk karet klep bagian dalam as sok depan mirip seperti klep pompa sit yaitu di bagian ujung as dan fungsinya pun hampir sama yaitu sebagai landasan pada saat sok depan mengalami tekanan sehingga dari karet klep sebagai landasan ujung asa tidak bergesekan langsung dengan penutup sok depan atau bottom shock yang berpotensi menyebabkan berbunyi tak tak.
Demikian dari semoga bermanfaat.