Ciri tambal ban yang bagus kuat dan tekniknya


 ILMU CORO. Budaya menambal ban yang mengalami bocor atau gembos dari sebuah kendaraan masih menjadi pilihan utama oleh masyarakat Indonesia. Untuk menambal ban adalah merupakan metode alternatif selain mengganti ban dalam mengatasi masalah ban yang mengalami bocor atau gembos agar tetap dapat di pakai dan di gunakan terhadap kendaraan tersebut. Kebiasaan menambal ban Hampir berlaku hampir di semua jenis kendaraan dari mulai jenis sepeda, becak, sepeda motor bahkan berlaku juga terhadap kendaraan roda empat. Meskipun ban kendaraan yang di tambal tidak sebagus kualitas nya di banding dengan ban yang baru namun karena lebih murah serta hemat biaya makanya di Indonesia masih menjadi pilihan utama terkecuali kalo sudah tidak memungkinkan untuk di tambal baru mengganti dengan jenis ban yang baru.

Memang benar adanya mengenai ban kendaraan yang mengalami bocor atau gembos tidak semuanya dapat di tambal, hanya jenis jenis tertentu yang dapat di tambal di antaranya bocor lubang kecil, tidak lebar dan tidak panjang akan tetapi apabila ban tersebut mengalami patah pentil atau dop, tertusuk paku, dan pecah ban meletus biasanya tidak dapat di tambal sehingga harus mengganti ban yang baru. Di samping itu juga di dalam sebuah proses tambal ban dari setiap jenis kendaraan tidak sama atau berbeda beda yang di sesuaikan karateristik jenis ban yang akan di tambal. Sebagaimana kita ketahui bersama dari adanya penggunaan ban pada kendaraan sangatlah banyak seperti ban sepeda, ban becak, ban motor memiliki ban dalam maupun ban jenis tubles atau tanpa ban dalem. Dari adanya berbagai jenis ban yang banyak menjadikan dalam proses menambal juga tidak sama dari segi teknik, bahan serta alat yang di di gunakan. Berikut ini jenis jenis tambal ban kendaraan yang mengalami bocor atau gembos antaranya :



A. Jenis tambal ban untuk sepeda dan becak dengan menggunakan lem Aibon.

Pada kendaraan jenis becak atau sepeda apabila mengalami bocor atau gembos untuk menambalnya dengan menggunakan lem Aibon. Dan caranya adalah mengerok dengan gergaji besi permukaan ban yang bocor sampai terlihat mbrudul berserat lalu mengoleskan lem Aibon terhadap bagian tersebut tunggu hingga kering sambil menunggu kering menggunting bekasan ban dalam seukuran permukaan yang di olesi lem Aibon kemudian juga di kerok seperti tadi kemudia tunggu kering setelah keduanya kering baru tempelkan sambil di ketuk ketuk secara pelan agar benar benar merekat.



B. Menambal ban kendaraan bermotor yang bocor untuk jenis ban berstruktur atau didalam memiliki ban dalam adalah dengan teknik bakar.

Untuk jenis kendaraan bermotor terutama yang memakai ban berstruktur memiliki ban dalam dalam menambalnya berbeda yang di sesuaikan dengan kapasitas kebergunaan ban tersebut yaitu dengan Teknik. Di dalam teknik membakar yang bocor terdapat dua metode antaranya.

- menambal ban bakar dengan spirtus.

Tidak jauh beda dengan menambal ban sepeda pada menambal ban bakar spirtus  adalah mengerok permukaan yang bocor sampai berserat keluar kemudian tempelkan karet tamba ban lalu menaruh di kompor khusus tambal ban bakar baru di bakar dengan spirtus di kompor tersebut bagian ban yang di tambal.

- menambal ban yang bocor dengan metode membakar dengan media panas listrik atau elektrik.

Yang membedakan di metode ini adalah media pembakarannya kalau untuk metode elektrik atau panas listrik adalah dengan sebuah bekasan strika baju yang di buat di sulap menjadi sebuah alat tambal ban namun tetap saja memakai panas listrik sebagai media pembakarannya.

C. Menambal ban kendaraan yang bocor atau gembos dan jenis ban adalah tubles atau tanpa memiliki ban dalam.

Adapun untuk teknik menambal ban tubles berbeda dengan cara cara yang di atas sebagaimana kami sebutkan, dalam menambal ban jenis tubles yang bocor proses menambalnya yaitu melonggarkan lubang dengan alat khusus setelah terlihat agak longgar masukan karet tambal ban tubles terhadap pucuk alat yang telah tersedia berikutnya baru memasukan alat yang bagian pucuk menempel karet tambal ban apabila terasa masuk didalam tarik Keluar alat tersebut sambil di puter sampai karet tambal nyangkut di bagian ban yang bocor.

Teknik dan metode dalam proses menambal ban kendaraan yang hingga saat ini masih menjadi pilihan utama dalam mengatasi ban motor yang bocor atau gembos. Dari berbagai metode menambal ban tersebut meskipun mempunyai persamaan teknik atau motode akan tetapi untuk hasilnya tidak mesti sama ada yang bagus maksimal atau ada yang sedang bahkan tidak sedikit yang gagal. Oleh sebab itulah berikut kami informasikan Mengenai ciri serta tanda tanda hasil tambal yang bagus, maksimal dan kuat dari setiap macam macam cara menambal ban kendaraan. Antara adalah.

1. Kondisi atau keadaan hasil tambal ban Media lem Aibon yang bagus dan kuat.

- tambal ban terlihat rekat, lengket dan kaku.

- tambal ban tidak terlihat terkelupas.

- tambal ban rapat.

2. Kondisi yang bagus dan kuat dari tambal ban bakar.

- terlihat kaku keras.

- terlihat kaku tidak lembek.

- terlihat mengkilap.

- tidak bagian yang terkelupas benar benar rekat dan rata.

- tidak terlihat mblendung menteng

- tidak gosong dan meleleh.

3. Tambal ban tubles dengan kondisi bagus dan kuat.

- terlihat rapat.

- tidak terlalu keluar karetnya.

- proses menambalnya 1x jadi tidak bolak balik.

- makin rata makin bagus.

Sekian dari semoga bermanfaat.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel