Masalah kecil berdampak besar pada ban motor jika di biarkan


 ILMU CORO. Berperan sangat penting dan pokok dalam penggunaan serta pemakaian pada sebuah sepeda motor adalah bagian ban motor, sebagus sehebat apapun performa mesin serta bagian lainya tanpa adanya bagian ban dapat di pastikan sepeda motor tidak di pakai di gunakan tidak mempunyai nilai fungsinya. Maka sangat tidak bijak tidak pinter apabila mengkesampingan cenderung mengabaikan terhadap kondisi bagian ban motor ini. Pada sebuah ban yang terdapat pada sebuah sepeda motor agar selalu prima kondisi atau keadaanya sehingga mampu berkontribusi atau ikut berperan terhadap performa sepeda motor dan nantinya dapat berguna bagi pemiliknya maka di perlukan  perawatan yang maksimal dan kontinyu berkelanjutan. Memang benar adanya dari pada sebuah ban pada sebuah sepeda motor, dengan karakteristik atau berstruktur lentur, sedikit kaku seperti karet sehingga sangat rawan mengalami masalah masalah yang mempengaruhi kinerja atau ekstensi terhadap sebuah sepeda motor.

Bagian roda atau ban bagi sepeda motor adalah merupakan kakinya sehingga apabila terjadi masalah masalah dari bagian ban sangat signifikan dampaknya dan jelas terlihat. Adapun masalah yang sering di alami untuk bagian ban motor baik yang bersifat besar atau berat maupun masalah yang kategori ringan atau kecil. Untuk masalah yang di katakan besar pada bagian ban motor dan itu sering di alami diantaranya ban pecah atau njetor, ban menggelembung, ban Alus serta lainya adapun masalah ringan dari bagian ban motor yaitu ban mengalami bocor, pentil dop tidak kencang, ban Bantat atau keras dan kaku masih banyak lagi. Dari beberapa jenis penyakit atau masalah pada bagian ban motor banyak yang terjadi berawal dari masalah kecil akibat pemilik sepeda motor tidak peka, cenderung mengabaikan sampai akhirnya menimbulkan masalah besar. Hal ini berbeda dengan pemilik sepeda motor yang respect peka sering mengontrol kondisi keadaan ban motor dengan begitu mengetahui sekecil apapun keadaan yang dimiliki ban motor sehingga langsung dapat mengatasinya dan tidak berpotensi menjadi masalah besar. Mengingat begitu berartinya bagian ban untuk eksistensi sebuah sepeda Maka berikut ini kami informasikan Mengenai Masalah yang sifatnya kecil namun berpotensi kearah besar jika di biarkan dari sebuah ban motor adalah sebagai berikut :

Termasuk Metode menjaga dan merawat bagian ban yang di miliki sepeda motor agar performa Sepeda motor selalu prima adalah dengan memahami masalah masalah kecil pada bagian ban motor yang apabila di biarkan mengarah menuju masalah yang menjadi besar. Untuk masalah tersebut meliputi :

A. Membiarkan atau tetap menggunakan sepeda motor meskipun Angin berkurang.

Untuk masalah kecil ini sering kita jumpai banyak di lakukan pemilik sepeda motor adalah dengan tetap memakai atau menggunakan sepeda motor dalam keadaan angin berkurang atau sebaliknya baik di sengaja maupun akibat ketidak Tahuan dari adanya angin kurang apabila di biarkan dapat memicu masalah yang tadinya kecil menjadi besar seperti ban melipat akibat tarikan pada saat roda berputar dari keadaan dapat menimbulkan ban dalam bagian dop atau pentil patah, atau bocor ban banyak sehingga yang seharusnya cukup di tambaih angin malah harus mengganti bagian ban dalam motor.

B. Jarang atau tidak rutin mengganti bagian angin dari ban motor.

Akibat terlalu lama memakai angin dan hanya melakukan penambahan angin saja tanpa melakukan penggantian angin yang baru berpotensi angin menjadi panas sehingga menyebabkan ban motor panas, sering bocor bahkan untuk jenis ban motor tertentu menimbulkan ban pecah pecah biasanya bagian samping, dari ban motor yang pecah pecah dapat mengarah terhadap timbulnya ban dalam pecah meletus akhir harus mengganti ban motor yang baru baik luar maupun dalam terlebih pada jenis ban motor tubles sudah pasti harus ganti ban tersebut.

C. Penti dop ban motor mengendo atau tidak kencang.

Kasus pentil ban motor mengendo sendiri sering terjadi dan di alami adanya kasus ini akibat tekanan barang bawaan yang berlebih, terkena sinar matahari langsung serta angin sudah kami sehingga panas menekan keluar, adapun cara mengetahuinya adalah dengan meneteskan air di atas pentil apabila menggelembung seperti balon berarti pentil tidak kencang maka harus di kencangkan jika tidak angin akan hilang lagi setelah di pompa bila di biarkan akibatnya seperti kami sebutkan di atas.

D. Cincin atau garis lingkaran ban motor tidak rata atau ada yang masuk ada yang tidak.

Sebenarnya masalah ini kategori masalah kecil karena mengatasi juga mudah yaitu dengan meratakan garis lingkaran ban apabila sulit cukup oleskan oli atau chainlube rante motor. Namun meskipun kecil tidak langsung mengatasinya mengakibatkan sepeda motor geol, oleng atau ngegol saat di Kendarai dari ngegol atau geol berpotensi pada motor jatuh serta mengalami kecelakaan terlebih apabila dalam kecepatan lumayan tinggi.

E. Tidak pas atau kebalik memasang arah panah rotasi ban motor.

Arah panah rotasi ban motor adalah sesuatu yang penting akan tetapi jarang di ketahui para pemilik sepeda motor, hal ini terbukti tidak sedikit dan malah banyak sepeda motor yang pemasangan arah panah rotasi kebalik sebenarnya kasus ini kasus besar tapi di anggap sepele atau diremehkan. Dengan pemasangan arah panah rotasi ban yang benar akan memberikan manfaat ban motor awet, kuat nyaman namun jika kebalik sebaliknya menyebabkankan kembangan ban termakan separoh tidak rata atau tipis sebelah sehingga ban sering ganti selain itu juga ban motor tidak bisa mencekeram aspal secara maksimal apalagi saat melewati Medan berair menjadikan licin dan kesed dengan begitu mengarah sepeda motor berisiko jatuh pada saat di kendarai.

F. Bocor Alus dan tidak ketemu penyebab kebocoran.

Mengenai ban motor mengalami bocor Alus adalah sesuatu yang pasti sudah sering kita alami, dari kasus ini biasanya di sebabkan adanya tusukan kawat kecil atau isi Staples dan lainya. Meskipun termasuk tusukan kawat kategori kecil namun harus ketemu dan di buang sebab kalau sampai tidak ketemu ban motor akan sering bocor dan sering mengganti dengan yang baru.

G. Bagian dalam ban luar sepeda motor mbrudul, luka, tidak rata.

Dalam mengatasi masalah seperti ini sangatlah mudah yaitu dengan melapisi permukaan dalam ban luar motor memakai bekasan ban dalam motor, jika hal tersebut di biarkan siap siap saja sudah pasti sering bocor dan akhirnya mengganti ban dalam jenis yang baru.



Demikian dari kami semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel