Memahami Jok motor menjaga dan merawatnya


 ILMU CORO. Bagian jok atau tempat duduk dari sebuah sepeda motor adalah termasuk bagian yang penting dan pokok membantu sekali dalam memberikan efek kenyamanan, keamanan serta ketenangan pada saat duduki untuk dikendarai bahkan tidak hanya itu Saja dengan semakin pesatnya perkembangan zaman serta semakin berkembang ilmu pengetahuan pemikiran terhadap masyarakat pada umumnya yang notabene saat ini menjadi pemilik pengguna sepeda motor, adanya bagian jok motor untuk saat ini tidak hanya untuk menunjang kenyamanan saja akan tetapi sekarang ini banyak pemilik sepeda menjadikan jok motornya sebagai media berkreasi dan Berkarya dalam mengekspresikan potensi dari dalam jiwa agar bagian jok motor terlihat lebih menarik dan keren sehingga indah bila dilihat.

Sebagai kita ketahui bersama pada sebuah jok motor memiliki 5 komponen di dalamnya antaranya adalah deg atau tumpuan tatakan jok yang sekarang terbuat dari bahan atom atau jenis plastik untuk menjaga kualitasnya lebih kuat, tidak seperti motor dulu yang bagian deg terbuat dari seng yang cenderung mudah mengalami karat, lebih rentan mudah mengalami rusak berikutnya komponen jok motor adalah busa jok motor juga mengalami perubahan yang terlihat lebih kokoh, besar, lebar dibanding busa jok Motor dulu yang terlihat biasa atau monoton serta yang terakhir komponen jok motor berupa sarung, kulit jok motor yang tidak kalah saat ini memiliki jenis baik dari bentuk, bahan serta harga yang sangat bervariasi dari yang ekonomis kisaran Rp 50.000 sampai yang lumayan mahal sekitar Rp 150.000 disesuaikan dari karakter bahan serta modelnya masing masing kulit jok motor.

Pada sebuah jok motor sebenarnya dari awal penciptaanya atau tujuan utamanya untuk memanjakan pemilik pengguna dari sepeda motor tersebut agar merasa nyaman,empuk dan tidak sakit pada saat menggunakannya namun tidak mengabaikan sisi kekuatan dan ketahanan maka dari itulah jok motor mempunyai komponen sebagai kita pahami bersama ada deg jok sebagai tumpuan kekuatan, ada busa jok yang membuat empuk serta bagian kulit jok atau sarung jok yang berguna untuk menangkal rasa panas, berefek adem serta anti air pada saat mengendarainya. Dari adanya desain jok motor yang telah di buat sedemikian rupa dan semaksimal mungkin namun tetap saja terdapat bagian yang sangat sensitif atau rentan mudah mengalami goresan yang merusak baik dari benda yang runcing, tajam maupun akibat sinar matahari secara langsung untuk bagian tersebut adalah bagian sarung, kulit jok motor. Untuk bagian ini agar tetap awet bagus tahan maka di perlukan pemahaman dalam menjaga dan merawatnya.



Sebagai pengetahuan bagi kita semua mengenai masalah masalah yang sering terjadi dan sering di alami pada bagian jok motor antaranya adalah :

A. Sarung jok sobek atau bolong.

Sarung atau kulit jok merupakan bagian dari jok motor yang paling gampang mengalami rusak hal ini di dasarkan pada karakteristik bahan yang tipis dan lentur sangat mudah mengalami bolong atau sobek apabila terkena benda tajam seperti pisau, gunting, atau puntung rokok.

B. Sarung jok keras, kaku dan pecah pecah.

Disamping mudah bolong atau sobek terkena benda tajam sarung jok motor sangat anti terhadap sinar matahari secara langsung karena dapat menimbulkan kulit jok motor mengalami pecah pecah, terasa kaku dan mengeras.

C. Busa jok mengelupas, Tepo atau terkikis menghilang.

Adanya busa jok mengelupas, terkikis atau Tepo hal ini disebabkan terlalu membiarkan kerusakan pada sarung sehingga merambah terhadap bagian busa jok motor.

D. Deg atau tatakan jok pecah atau patah.

Disamping terkikisnya busa jok akibat tidak mengganti sarung jok motor yang rusak atau bolong keadaan ini juga menimbulkan kerusakan pada deg jok motor terlebih bagian deg motor sekarang terlihat lebih tipis dan lemes di banding deg jok motor dulu yang keras, kaku dan berisi bahkan tebal untuk jenis deg motor plastik. Karena pada motor dulu miliki dua jenis deg jok motor antara deg jok motor jenis seng serta jenis plastik sebagaimana banyak kita jumpai pada sepeda motor sekarang.

Untuk menghindari masalah masalah jok motor tidak di alami adalah dengan melakukan teknik menjaga dan merawatnya berikut langkah langkahnya.

A. Hindari sering memarkir motor diarea terbuka yang berpotensi terkena sinar matahari langsung.

Dalam menjaga kerusakan atau rapuhnya jok motor maka dengan cara menghindari kebiasaan dari sepeda motor terutama bagian jok terkena cahaya matahari secara langsung pada waktu memarkirnya

B. Tidak berlebihan membawa barang bawaan terutama benda yang runcing.

Adanya karakteristik sarung jok motor yang mudah bolong atau robek akibat benda tajam oleh sebab itulah sebaiknya tidak berlebihan dalam membawa barang bawaan terlebih barang barang yang berpotensi merusak sarung jok motor.

C. Jauhkan jok motor menjadi tempat bermainya seekor kucing.

Bagi para pemilik sepeda motor yang hoby pelihara seekor kucing perlu di ketahui banyak kasus jok motor rusak disebabkan cakaran kucing yang bermain diatas jok motor maka agar terhindar dari kasus semacam itu hindarkan memarkir motor di dekat seekor kucing.

D. Gunakan cover pengaman jok motor seperti jaring jok, kain atau kantong dan sejenisnya.

Dalam mengantisipasi, merawat serta menjaga bagian jok motor tetap bagus, kuat, awet tahan lama yaitu dengan memasang sebuah asesoris jok motor berupa jaring jok motor atau sejenisnya seperti halnya, kain, kantong dan sebagainya.

Selain itu juga sebagai tambahan berikut ini contoh pemanfaatan jok motor untuk memperindah, membuat keren tampilan sepeda yang di lakukan para pecinta modifikasi motor antaranya adalah :

A. Menipiskan, memapras atau menyisir busa jok motor.

Agar tampilan sebuah sepeda motor terlihat keren dan modis yang di lakukan pecinta modifikasi motor yaitu dengan menjadikan jok motor sebagai medianya dengan cara menipiskan, memapras dan menyisir  busa jok motor

B. Mengganti dan menggunakan kulit jok jenis variasi.

Selain menipiskan busa jok dalam mempercantik tampilan sepeda motor dari bagian jok motor yakni dengan mengganti, memasang serta menggunakan kulit jok motor variasi yang banyak sekali jenisnya antara lain sarung jok karbon, karbon kevlar, press timbul, banyak gambar atau tulisan, kulit jeruk dan masih banyak lagi.

C. Memodifikasi atau merubah bentuk deg jok motor.

Untuk memperoleh bagian jok motor terlihat bagus, unik serta enak di pandang mata tidak sedikit pengguna tidak segan segan merubah atau memodifikasi bagian deg jok motor dengan metode memotong bagian samping deg jok agar lebih ceper dan tipis dengan menggunakan mesin.

D. Memasang sebuah asesoris jok motor yang bernama kanvas atau matras.

Sebuah asesoris bernama matras atau kanvas memang biasa di gunakan untuk membuat bentuk jok terlihat lebih presisi atau lebih siku sehingga sangat di sukai sekali oleh para pecinta modifikasi motor untuk bagian jok motor terlihat cantik dan mempunyai nilai seni yang tinggi.

Demikian dari kami semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel