Mengantisipasi Pentil ban dalam motor tidak jebol


 ILMU CORO. Sering mengalami di mana sepeda motor yang bagian roda atau bannya bocor dan gembos. Untuk keadaan yang seperti ini yaitu kebocoran dibagian ban adalah sesuatu yang acap kali membuat kita berkeluh kesah dari kondisi tidak mengenakan tersebut bahkan terkadang membuat kita merasa kesal sendiri cenderung marah pas di dapati ternyata penyebab bocornya adalah bagian pentil yang jebol, sobek atau patah. Adanya kasus bagian pentil ban dalam mengalami jebol atau sobek sehingga ban dalam gembos habis anginya adalah kasus yang sangat sering di jumpai tidak cuma terhadap ban dalam motor yang pemakaiannya belum lama tergolong masih baru juga ban dalam motor yang memang sudah lama dalam penggunaannya. Hal ini menunjukan untuk pentil ban yang sobek atau jebol dapat terjadi oleh siapa saja tanpa pandang bulu.

Ban dalam motor yang bagian pentil atau dopnya patah dan sobek banyak di alami oleh pemilik sepeda motor yang sering di buat bingung di karenakan tidak sedikit terjadi pada ban belum lama masih baru yang seharusnya kuat serta tahan namun ternyata tidak luput dari kasus semacam ini, mungkin pada ban dalam motor telah lama di pakai serta di gunakan dapat di ma' lumi atau di sadari bersama karena sudah uzur kemakan usia terhadap ban dalam tersebut. Dalam melihat fenomena ban dalam motor sekarang gampang sobek bagian pentilnya apabila sampai menggeledek tidak langsung menemukan tukang jasa tambal ban, apakah di sebabkan dari faktor karakteristik ban dalam motornya ataukah akibat keteledoran atau ketidak Tahuan ketidak pahaman pemilik sepeda motornya untuk menghadapi situasi ini.

 Dan dalam pandangan kami kedua elemen memang tidak bisa di pisahkan atau harus ikut berkontribusi bekerja sama jangan hanya mengandalkan satu pihak saja pada saat menghadapi motor yang bocor bagian ban dalamnya menurut kami adanya pentil atau dop yang sobek, rusak, patah sebagainya adalah merupakan klimaks dari ban dalam yang terlebih dahulu bocor, lalu karena tidak langsung mengatasinya dan pemilik motor enggan menuntun tetap mengendarainya lama kelamaan ban kehabisan angin yang kemudian di paksa roda terus berputar akhirnya ban dalam ketarik dari perputaran roda sehingga bagian pentil tidak kuat timbulah pentil patah atau sobek di perparah lagi karateristik ban dalam sekarang yang tidak sebagus ban dulu cenderung lebih tahan, kaku, serta kuat. Sebenarnya untuk meminimalisir kemungkinan ban dalam motor yang bocor agar tidak sampai patah atau sobek bagi para pemilik sepeda motor dapat melakukan tips tips dari kami ini. Di antaranya adalah :

Untuk ban dalam motor yang bocor dan tidak merambah atau membuat bagian pentil sobek, rusak serta jebol para pemilik sepeda motor dapat mencoba tips tips dari kami yaitu :

A. Mengendoni bagian mur pentil.

Dengan Mengendoni atau melepas mur pentil ban dalam yang terjadi bocor memakai kunci no 12 akan membuat pentil sedikit kendor tidak terlalu kencang dalam menahan perputaran roda yang menyebabkan ban dalam melipat.

B. Mencopot bagian dalam pentil atau kunci pentil agar angin tidak tertahan keluar.

Pada bagian pentil atau dop ban dalam terdapat yang namanya kunci pentil agar angin dapat keluar tidak tertahan akibat ban dalam yang melipat pada saat roda berputar maka sebaiknya di lakukan Proses pencopotan kunci pentil tersebut dengan memakai tutup dop yang memiliki atau terdapat kunci pembukanya.

C. Menghindari atau mengurangi beban bawaan apabila akan menggeledek atau tetap mengendarai dari ban yang bocor.

Apabila akan tetap menggeledek atau mengendarai sepeda motor yang bocor dan tidak berakibat pentil rusak, sobek atau jebol lakukan teknik ini yaitu mengurangi beban bawaan kemudian jika ban yang bocor bagian depan maka posisikan mengendarai lebih kebelakang atau di ujung jok belakang namun bila yang bocor ban belakang posisikan tubuh agak di depan stang hal ini bertujuan agar ban dalam lebih ringan sehingga kemungkinan melipat parah terhindari.

D. Menambah angin sesegara mungkin dari ban motor yang bocor sehingga angin tidak sampai kehabisan.

Pokok masalah pentil atau dop rusak, jebol patah pada ban motor yang bocor adalah akibat kehabisan angin tapi tetap di pakai sehingga dari roda yang berputar akhirnya ban dalam ketarik melipat klimaksnya pentil rusak oleh sebab itulah segera tambahkan angin agar angin tidak kehabisan untuk menghindari kejadian tersebut.



Demikian dari kami semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel