Tempat aki motor yang berbeda-beda
ILMU CORO. Komponen pada sebuah sepeda motor yang diera sekarang mengalami perubahan atau bertambah dalam hal kebergunaanya di banding sepeda motor keluaran dahulu sekitar 2000an kebawah untuk bagian tersebut adalah Komponan aki motor. Adanya perbedaan yang mencolok atau jelas terlihat dari sebuah komponen aki motor untuk dalam performanya yaitu semenjak atau berawalnya dari di ciptakan dan di peroduksinya sepeda motor dengan Teknologi PGM-FI yang sering disebut jenis injection atau injeksi baik pada sepeda motor jenis bebek maupun sepeda motor jenis matic. Dari sebuah teknologi tersebut untuk kelangsungan dan menjaga performa sistem injeksi sangat bergantung sekali terhadap performa kondisi keadaan aki motor yang dimiliki, untuk sistem injeksi peran aki motor berubah sangat penting dan pokok karena berfungsi mengaktifkan, menstabilkan dan menyalurkan semua alat di sistem injeksi adalah dengan arus, daya kekuatan dari sebuah aki motor. Sehingga apabila performa aki motor kurang prima akan mengganggu, membuat Eror membuat masalah pada sistem injeksi dan apabila sistem injeksi bermasalah imbasnya terhadap performa sebuah sepeda motor yang bersistem ini.
Keadaan seperti ini sangat berbeda mengenai kegunaan aki motor terhadap sepeda motor jenis karburator atau sistem manual. Untuk sepeda motor yang sistem karburator atau manual adanya Komponen aki berperan hanya sebatas menghidupkan sepeda motor dengan di starter serta aku berfungsi menormalkan arus listrik agar stabil terhadap bagian lampu untuk lebih awet tidak mudah mati. Dari perbedaan nilai fungsi komponen aki antara sistem injeksi dengan sistem karburator juga berimbas pada Tempat dimana aki motor yang berbeda. Hal ini dapat kita bersama dari sepeda motor jenis injeksi dengan jenis karburator mempunyai tempat aki yang berbeda, untuk mengetahuinya berikut informasinya :
Dari sepeda motor yang banyak di pakai di gunakan oleh masyarakat luas di Indonesia baik yang bersistem injeksi maupun sistem karburator adalah sebagai berikut :
A. Tempat kedudukan aki untuk motor bebek injeksi terletak di bawah jok motor di bawah bagasi.
Pada jenis sepeda motor bebek bersistem injeksi pada umumnya untuk tempat dudukan berada di bawah jok motor di dalam bagasi, meskipun ada juga sepeda motor jenis bebek bersistem karburator yang letak tempat aki motor ditempat yang sama persis seperti ini yaitu pada motor Honda Revo sekitar tahun 2010 kesini.
B. Tempat aki motor berada untuk sepeda motor jenis bebek sistem karburator yaitu bagian samping kanan di bawah jok motor.
Untuk sebuah sepeda motor bebek bersistem karburator atau manual untuk tempat dudukan aki motor pada umumnya berada di bagian samping kanan di bawah jok motor persisnya di atas knalpot motor atau tempat dudukan pustep belakang.
C. Tempat dudukan aki untuk sepeda motor matik karbulator berada di dibawah jok di samping bagasi pada motor Yamaha dan untuk motor Honda beat atau Vario berada di bawah jok di bawah bagasi.
Sedang pada sepeda motor jenis matic bersistem karburator terbagi menjadi dua dari tempat dudukan aki antaranya pada motor jenis Yamaha berada di atas didepan bagasi dibawah jok motor sedang untuk jenis motor Honda di bawah atau didalam bagasi motor.
D. Pada sepeda motor untuk jenis matik yang menggunakan sistem injeksi dari tempat aki yang dimiliki biasanya berada di bagian tengah bawah antara stang dengan jok motor di sisi kanan.
Adapun untuk sepeda motor jenis matik bersistem injeksi juga antara Honda dan Yamaha berbeda tentang tempat dudukan aki motornya yaitu untuk jenis motor Honda berada di bawah injakan kaki di sisi kanan namun pada motor yamaha berada didalam bagasi motor.
E. Sedang untuk sepeda motor jenis palang baik yang bersistem injeksi maupun karburator letak tempat aki sama yaitu di sebelah kanan di bawah jok motor.
Sedang pada sepeda motor jenis palang antara sistem injeksi dengan sistem karburator memiliki kesamaan aki motor yaitu di bawah jok motor di sebelah kanan.
Demikian dari kami semoga bermanfaat