Cara ampuh mengatasi kebiasaan menggigit kuku

 


ILMU CORO. Mengatasi kebiasaan menggigit kuku memang tidak mudah di hindari terlebih bagi mereka yang sudah biasa pasti sangatlah sulit tetapi dengan tekad dan strategi yang tepat, hal ini pasti bisa dilakukan. Berikut beberapa tip praktis yang mungkin bisa membantu:


A. MengIdentifikasi menjadi Pemicunya :


Pahami dan Perhatikan situasi atau emosi yang memicu keinginan untuk menggigit kuku. Kesadaran adalah menjadi langkah pertama menuju perubahan.


B. Jaga agar Kuku Anda Tetap Dipangkas jangan biarkan memanjang:


Kuku pendek kurang menggoda untuk digigit berbeda dengan kuku panjang segera Potong dan bentuk kuku Anda secara teratur untuk mengurangi godaan untuk menggigitnya.


C. Gunakan dan pamakaian Pengeras Kuku:


Oleskan atau berilah pengeras kuku untuk membuat kuku Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah atau patah saat di gigit, itu yang bisa menjadi pemicu gigitan.


D. Buat Tangan Anda Sibuk atau tidak membiarkan tangan tidak bergerak :


Biasakan menyibukan tangan Anda dengan berbagai aktivitas seperti meremas bola stres, bermain dengan mainan gelisah, atau memegang benda kecil di tangan agar tidak masuk ke mulut Anda.


E. Pakailah Sarung Tangan dan bila perlu Kikir Kuku:


Ikuti berbagai macam contoh para wanita yang banyak terdapat di sosial media yang mereka Mengenakan sarung tangan dapat berfungsi sebagai penghalang fisik, serta membawa kikir kuku membantu Anda mengatasi segala penyimpangan tanpa harus menggigit.


F. Melakukan proses pengecatan Kuku yang membuat terasa Pahit:


Lakukan proses cat kuku khusus dengan rasa pahit yang menjadikan Anda enggan atau sungkan untuk menggigit. Hal ini dapat menimbulkan asosiasi negatif dengan menggigit kuku.


G. Memberi Hadiah terhadap Diri Anda Sendiri:


Coba mulai Siapkan sistem penghargaan untuk diri Anda sendiri. Baik Untuk setiap hari atau minggu apabila Anda berhasil menghindari menggigit kuku, manjakan diri Anda dengan sesuatu yang menyenangkan.


H. Menjaga Mulut Anda Sibuk menggigit kuku.


Alternatif agar mulut di sibukan sendiri sehingga lupa untuk menggit kuku salah satunya dengan  mengunyah permen karet atau camilan camilan sehat seperti wortel atau irisan apel agar mulut Anda tetap terisi.


I. Manajemen  membatasi tubuh tidak stres:


BerLatih bagaimana cara atau teknik pengurang stres antara lain seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga. Mengatasi akar penyebab stres dapat membantu menghilangkan kebutuhan akan mekanisme penanggulangan seperti menggigit kuku.


J. Penguatan biasakan berpikir positif:


Berfokuslah pada aspek positif dari berhenti merokok, seperti penampilan yang lebih baik, kuku yang lebih sehat, dan peningkatan pengendalian diri.


K. Cari Dukungan atau sumber informasi :


Mulailah membagikan tujuan Anda dengan teman atau anggota keluarga yang dapat memberikan dorongan dan dukungan. Memiliki seseorang yang meminta pertanggungjawaban Anda bisa sangat membantu.


L. Konsultasi dan mencari Bantuan Profesional:


Jika kebiasaan menggigit kuku terus berlanjut dan menyebabkan tekanan yang signifikan, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. Seorang terapis dapat membantu Anda mencari penyebab mendasar dan mengembangkan strategi untuk mengatasi kebiasaan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel