Pemanfaatan ban bekas untuk di gunakan agar selektif berhati-hati

 


ILMU CORO. Dalam pemanfaatan untuk menggunakan kembali ban bekas pada sepeda motor kita memang harus lebih selektif dan berhati hati dalam memilihnya sebelum ban bekas tersebut akan dipasang di pakai . Hal tersebut dikarenakan pada sebuah ban apalagi ban bekas pada umumnya mempunyai kondisi antara ban yang satu serta dengan ban lainnya tidak sama, diantara ada yang masih bagus dan juga ada yang  sudah kondisi yang  sudah kurang bagus. Yang namanya ban bekas dapat dipastikan banyak kurangnya, makanya pemilik menggantinya dengan yang baru dan dengan adanya ini semua kita dituntut untuk teliti dan selektif dalam melihat membandingkannya. Nantinya ban bekas yang anda pilih kondisinya lebih bagus dibanding jenis ban bekas lainya yang disediakan. Dan untuk tips keselektifan pemanfaatan dalam memilih ban bekas  adalah sebagai berikut.


A. Mengecek bagian dalam ban tersebut.

Dalam memilih ban bekas yang harus dilihat terlebih dahulu adalah bagian dalam, sebaiknya memilih yang untuk bagian dalamnya masih rata tidak berserat atau mbrudul, sebab untuk ban luar terutama bekas atau batikan yang bagian dalam brudul atau terluka cenderung lebih mudah sekali melukai ban dalam untuk pemakaianya.


B. Melihat bagian luar pada jenis ban bekas.

Pada saat melihat bagian luar ban tersebut pilihlah yang bagian luar tengah ban yang masih muntuk kembanganya, untuk sebuah ban terlebih ban yang sangat sensitif serta rentan menimbulkan suatu kebocoran bahkan mudah tertusuk paku dan lainya biasanya terletak pada bagian tengahnya dengan memilih bagian tengah yang masih muntuk menandakan ban tersebut masih tebal dan dengan demikian dapat meminimalisir terjadinya kebocoran pada ban tersebut.


C. Memilih ban bekas dengan struktur tidak lemas dan tidak kaku.

Apabila memilih ban bekas pilihlah ban yang mempunyai struktur tidak lemas serta juga tidak kaku atau bantat, adapun pada umumnya pada sebuah ban yang mempunyai struktur lemas biasa apabila di isi angin yang sesuai standar atau ukuran tekanan angin cenderung lemes terus atau tidak keras dan apabila tekanan angin terus di tambah dapat membahayakan terhadap ban dalamnya namun apabila memilih ban bekas yang berstruktur kaku serta bantat nantinya pada saat di kendarai menimbulkan tidak nyaman dan cenderung ngegol pada sebuah sepeda motor.


D. Mengecek bagian gelangan ban.

Untuk sebuah jenis ban bekas tidak sedikit dari jenis ban tersebut terdapat pada gelangan sudah tidak seperti njeber, mleot bahkan ada yang untuk kwat patah atau sudah kelihatan keluar. Dan apabila ban dengan kondisi tersebut di pasang nantinya dapat menimbulkan banyak masalah diantara dapat menusuk ban dalam dan menimbulkan kebocoran juga membuat ban tersebut tidak rata untuk garis lingkaran ban dan menyebabkan ban ngegol bahkan membuat ban luar keluar dari pelek karena tidak kekuatan untuk mencokot pelek.  Oleh sebab itu pilih ban batikan yang kawat lingkaran masih utuh.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel