CARA MUDAH DAN SIMPLE MENAMBAL BAN SEPEDA ONTEL




ASSALLAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Selamat datang dan selamat bertemu berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah segala puji bagi ALLAH SWT atas semua anugerah kesehatan serta kesempatan sehingga dengan ini semua kami dapat menjumpai dan menyapa sahabat semua. Yang tidak lain untuk memberikan informasi, tips tips dan juga inspirasi hidup. Dan untuk kesempatan yang berbahagia ini kami akan memberikan informasi tentang cara mudah dan simple menambal ban sepeda ontel. Pada ban sepeda ontel untuk saat ini di permudah dengan adanya struktur pentil yang sama dengan struktur pentil pada sebuah ban sepeda motor dan mempermudah dalam proses menambah tekanan angin, menjadikan kita tidak repot untuk mencari pompa dengan struktur pentil pada sepeda. Adapun untuk proses menambalnya sangat simple dan sederhana, berikut informasinya dari kami.

Pada ban sepeda ontel untuk keluaran baru untuk sekarang ini, memang terdapat kesamaan terhadap bagian pentilnya yaitu sama seperti struktur pada sebuah ban sepeda motor, oleh karenanya dengan kesamaan ini menjadikan kita tidak repot pada saat menambah tekanan angin tanpa harus bingung mencari pentil yang khusus buat sepeda ontel. Serta juga kita akan di beri kemudahan pada saat proses menambal ban sepeda ontel yang mengalami bocor atau pecah ban, perlu di ketahui bersama untuk dapat menambal atau proses menambal ban sepeda ontel yang terjadi bocor cenderung lebih mudah, simple dan sederhana di bandingkan pada proses menambal ban pada sepeda motor. Dan untuk proses menambal pada sepeda ontel tidak memerlukan pembakaran atau pemanasan di karenakan pada ban sepeda ontel mempunyai struktur bahan yang lebih  tipis sehingga sangat berisiko sekali apabila di lakukan proses pembakaran dengan spirtus maupun pemanasan dengan alat seperti strika listrik. Oleh sebab itulah untuk dapat atau pada proses menambal ban sepeda ontel cukup dengan menggunakan pengeleman dalam mengatasi kebocoran ban tersebut. Selain lebih mudah dalam menambalnya pada sepeda ontel juga lebih mudah dalam proses membuka dan memasang ban luarnya di karenakan untuk ban luar pada sepeda  ontel walaupun lebih besar lingkaran akan tetapi bentuk ban yang lebih kecil dan lentur, apabila di bandingkan dengan bentuk ban sepeda motor. Dari semua yang telah kami sebutkan diatas, untuk cara mudah dalam menambal ban sepeda ontel dalam membuka serta memasangnya dalam hal alat alat atau kunci yang di gunakan lebih mudah dan lebih sederhana di antaranya adalah :




baca juga : mengenang napak tilas sepeda ontel klasik

Untuk dapat membuka dan memasang ban pada sepeda ontel dalam hal alat alat dan kunci sangatlah mudah serta sederhana adalah sebagai berikut.

A. Alat congkel ban, pada alat ini dapat menggunakan garpu atau sendok yang di bengkokan.

B. Gergaji besi.

C. Lem aibon.

D. Bekasan ban dalem.

E. Tatakan atau pipa bulat.

F. Kunci pentil.

G. Ember dan beri air secukupnya.


Itulah tadi mengenai hal alat alat yang di gunakan dan di pakai pada saat proses bongkar pasang pada sepeda ontel, dan sekarang adalah proses membuka ban pada sepeda ontel yaitu :

A. Bukalah pentil pada ban sepeda ontel
.

Bukalah bagian pentil pada ban tersebut dengan memakai kunci pentil, hal ini untuk mengeluarkan angin semuanya hingga mempermudah dalam membuka atau membongkar ban sepeda ontel.

B. Mencongkel bagian ban luar untuk mengambil ban dalam pada sepeda ontel.

Congkelah ban luar tersebut dengan menggunakan alat congkel bisa pakai sendok atau garpu yang di bengkokan dengan memasukan ujung congkel atau garpu serta sendok yang sudah di bengkokan setelah masuk kedalam lalu tekan kebawah bagian atasnya, setelah itu ulangi proses seperti secara urutan dan hati hati agar tidak sampai melukai ban dalam pada sepeda ontel tersebut.

C. Mengeluarkan ban dalam serta memompa dan merambang untuk mencari titik kebocoranya.

sesudah berhasil mencongkel ban luarnya kemudian ambilah serta keluarkan ban dalamnya, lalu pasang kembali dan memompa atau menambah tekanan angin kemudian ambilah ember yang berisi air masukan ban tersebut dengan tujuan untuk mencari dan mengetahui titik kebocoran setelah sudah ketemu berilah tanda.

D. Mengerok dengan gergaji besi dan menempelkan lem pada ban sepeda tersebut.
apabila titik kebocoran titik kebocoran sudah di tandai kemudian kerok ban tersebut dengan gegaji besi lalu setelah itu berilak kerokan tadi dengan lem dan biarkan sampai kering.

E. Mengerok serta menempelkan lem padaban bekasan ban dalam yang di jadikan untuk menambal ban sepeda ontel.
ambilah bekasan ban dalam yang telah di sediakan kemudian kerok dengan gergaji besi, selanjutnya gunting serta bentuk bundar kemudian tempelkan dengan lem aibon dan biarkan hingga mengering.

F. Tempelkan kedua permukaan yang telah di beri lem aibon.

tempelkanlah kedua bagian pemukaan ban yang telah di beri lem dan telah mengering kemudian agar lebih rekan pukulan dengan palu secara pelan serta perlahan dengan di tatakan pada lempengan pipa sebagai alasnya.

G. Mengecek ban yang sudah di tambal untuk memastikan ban benar benar aman dari kebocoran.
cek kembali ban sepeda ontel yang telah di tambal dengan memasukanya kembali ke ember yang ada airnya dan jangan lupa diberi angin terlrbih dahulu.

H. Memasang kembali bagian ban serta yang tadi telah di buka.

setelah benar benar aman ban sepeda ontel dari bocor kemudian pasang kembali ban tersebut serta bagian yang tadi di buka.

baca juga : perjuangan ibu sri bersama sepeda ontelnya

Sahabat semua itulah tadi ternyata mudah dalam menambal ban sepeda ontel semoga dapat mudah di pahami serta dapat berguna dan bermanfaat dalam menambah wawasan sahabat semua, sampai jumpa serta bertemu lagi sekian dari kami dan terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel