JENIS JENIS DAN CARA MERAWAT AKI MOTOR YANG AWET




ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.


Selamat datang dan berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah puja serta puji tidak lupa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang masih berkenan melimpahkan kepada kami kesehatan serta kesempatan, sehingga berkat beliau kami masih berkesempatan menjumpai dan menyapa sahabat semua. Tentunya untuk memberikan informasi, tips tips serta inspirasi hidup. Dan pada kesempatan pertemuan kita saat ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis jenis dan cara merawat dan menjaga aki motor agar awet. Sebagai kita ketahui bersama bagian aki pada sepeda motor memiliki peranan dan manfaat yang sangat berarti sekali bahkan penting serta fungsinya sangat banyak, sehingga kita sebagai pemilik sepeda motor harus mengetahui dan mengerti dalam menjaga serta merawat bagian aki agar awet sehingga tidak mengganggu performa pada sepeda motor tersebut. Untuk mengetahui tips tips dalam menjaga keawetan aki motor berikut kami akan informasikan adalah sebagai berikut.

baca juga : pahani jenis compound serta cara menggunakanya

Mengenai bagian aki untuk sebuah sepeda motor, memang hal yang banyak di ketahui sebagian besar pemilik sepeda motor akan peranan, fungsi dan manfaatnya yang banyak diantaranya adalah sebagai sumber kelistrikan dimana bagian kelistrikan mempunyai peranan yang penting dan berfungsi sebagai penentu hidup mati sebuah sepeda motor, kemudian bagian lampu, baik untuk lampu utama maupun lampu sein dan bagian klalson serta bagian bagian lainya. Apabila terdapat masalah atau gangguan pada bagian aki maka di pastikan akan berpengaruh terhadap bagian yang telah kami sebutkan diatas. Oleh sebab itulah mengingat begitu pentingnya bagian aki pada sepeda motor, kita sebagai pemilik sepeda motor harus peka serta mengetahui, mengerti dalam menjaga keawetan bagian aki. Adapun untuk mengetahuinya berikut kami akan informasikanya diantaranya adalah sebagai berikut :

Sebelum kami informasikan cara merawat dan menjaga aki motor agar awet terlebih dahulu kami berikan tentang jenis jenis aki motor yang banyak dan populer di gunakan oleh pemilik sepeda motor yaitu.

A. Jenis aki motor basah.

Jenis aki motor ini yang paling banyak di gunakan untuk kalangan menengah kebawah. Di karenakan jenis aki basah memiliki harga paling murah di bandingkan dengan jenis aki motor lainya, untuk jenis aki basah juga dapat di isi ulang bagian airnya sehingga memudahkan untuk merawat serta menjaganya.

B. Jenis aki motor kering.

Untuk jenis aki motor kering mempunyai harga di atas atau lebih mahal di banding dengan jenis aki motor basah. Walaupun memiliki harga lebih mahal akan tetapi untuk segi kualitas lebih baik dan lebih bagus serta awet di bandingkan dengan jenis aki basah.

Dan untuk selanjutnya kami akan berikan dalam hal tips tips merawat dan menjaga aki motor agar awet serta tahan lama di antaranya adalah :

A. Hindari langsung menstarter motor di pagi hari.

Untuk memperoleh serta menjaga aki motor agar awet tahan lama, hindari menstarter motor di pagi hari sebaiknya untuk mengeslah atau mengengkol terlebih dahulu untuk di pagi hari.

B. Hindari memakai atau menggunakan lampu berlebihan di atas kapasitas.

Dengan penggunaan lampu yang berlebihan terutama jenis lampu variasia apabila kita kurang berhati hati dalam memilih dapat berakibat mempengaruhi keawetan bagian aki di karenakan melebihi kapasitasnya yaitu lebih dari 120 volt.

C. Segera mekakukan strum jika terjadi indikasi masalah aki motor.

Lakukan pengecesan dengan secepat jika terjadi atau indikasi bunyi klakso kecil, lampu sein tidak berkedip serta lampu indikator meredup atau berkedip serta lain lain.

D. Membiasakan atau merutinkan memanaskan mesin motor setiap harinya.

Agar bagian aki motor dapat awet dan tahan lama rutinkan atau biasakan memanaskan mesin motor sekitar 15 menit setiap harinya.

E. Menjaga kebersihan bagian min, plus atau terminal dari kotoran.

Menjaga kebesersihan secara rutin bagian min, plus atau terminal juga mempunyai manfaat untuk menjaga aki motor awet serta tahan lama.

F. Pastikan tempat aki kencang sehingga aki tidak mudah goyang pada saat sepeda motor di kendaraai.

Untuk tips ini memang jarang di pahami dan di mengerti oleh pemilik sepeda motor, padahal dengan menjaga tempat aki kencang tidah mudah goyah atau goyang, dengan mudah atau gampang goyang aki motor dapat membuat komponen dalam aki motor mudah rusak atau eror sehingga dapat mengganggu keawetan aki pada sepeda motor.

baca juga : cara mudah mengatasi kotornya kunci jok motor dan jangan dipaksa membukanya


Sahabat semua demikian ini yang dapat kami informasikan pada perjumpaan kita kali ini, terima kasih kepada sahabat semua yang berkenan membaca serta mengikuti kami. Semoga dapat di ambil manfaat dan keguanaanya dalam menambah pengetahuan serta wawasan semua. Sekian sampai jumpa dan bertemu lagi . Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel