TIPS DAN CARA MUDAH MENAMBAL BAN MOTOR YANG BOCOR BAGIAN DOP ATAU PENTIL




ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.


Selamat datang serta berjumpa kembali dengan kami, alhamdulilah puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT atas semua anugerah kesehatan dan kesempatan yang di limpahkan kepada kami sehingga menjadikan kami dapat menjumpai serta menyapa sahabat semua. Untuk kami dapat memberikan informasi, tips tips serta inspirasi hidup dengan harapan dapat membawa manfaat serta berguna dalam menambah pengetahuan sahabat semuanya. Adapun pada kesempatan perjumpaan kita saat ini kami akan mempersembahkan informasi yang berkaitan mengenai tips dan cara mudah menambal bocor ban dalam bagian dop motor. Pada sepeda motor yang mengalami bocor ban dalam pada bagian dop atau pentil yang sering terjadi biasanya yang di lakukan langsung mengganti ban dalam tersebut, memang langkah tersebut benar akan tetapi sebenarnya tanpa harus menggantinya pun bisa atau menambal ban kembali untuk mengatasi yang terjadi bocor pada bagian pentil, sehingga tidak harus menggantinya dengan ban dalam yang baru untuk mengatasinya. Dan untuk tips dan cara mudah dalam menambal bagian pentil yang bocor pada sepeda motor berikut ini informasinya diantaranya adalah :

baca juga : cara cara dalam menambal ban motor yang kuat awet tahan lama

Terjadi ban bocor pada sepeda motor, memang sesuatu yang wajar dan sering di alami pada sepeda motor, dari sekian banyak terjadinya kebocoran pada ban sebuah sepeda motor biasanya dapat di atasi untuk ditambal, namun apabila yang terjadi kebocoran pada bagian dop atau pentil sangat jarang dan sedikit sekali para tukang tambal yang dapat serta berkenan menambalnya, kebanyakan dari mereka para tukang jasa tambal ban apabila menemui kasus yang seperti itu dengan ban dalam yang mengalami bocor pada bagian dop atau pentil biasanya memberikan solusi untuk mengganti dengan ban dalam yang baru. Dan sedikit serta jarang yang berkenan untuk menambalnya, dan biasanya dalam menambal atau mengatasi kebocoran bagian dop caranya berbeda beda di antaranya ada yang memindahkan pentil atau dop ke bagian lain pada ban dalam tersebut dan ada juga yang tetap mempertahankan bagian dop atau pentil seperti semula akan biasanya di tambahkan bekas ban dalam di atas tambalanya tersebut lalu di lem biar supaya tebal dan kuat. Dan yang kami akan informasikan di sini adalah teknik kedua yaitu dengan menambahkan bekas ban dalam di atas tambalan, adapun sebelum kita masuk terhadap cara mudah tersebut terlebih dahulu kami informasikan untuk alat alat serta bahan yang akan di gunakan dan di antaranya adalah sebagai berikut.

Dalam proses menambal ban yang mengalami kebocoran di bagian dop atau pentil memerlukan alat alat atau kunci serta bahan yang di gunakan di antaranya adalah.

A. Lem aibon.

B. Bekasan ban dalam.

C. Gergaji besi.

D. Karet tambal ban.

E. Alat membakar atau menambal ban.

F. Spirtus.

G. Palu.

H. Ember yang di isi air.

I. Kunci no 12.

J. Kunci pentil.


Selanjutnya masuk pada tips dan cara mudah menambal bocor ban bagian dop pada motor adalah sebagai berikut :

A. Memasukan bagian dop atau pentil kedalam ban dalam yang terjadi bocor.

Masukanlah bagian dop atau pentil kedalam ban dalamnya dengan membuka atau mencopot bagian mur dan ring dop terlebih dahulu setelah itu di masukan.

B. Mengerok atau atau menggerji bagian yang mengalami bocor atau bagian dop ban tersebut.

Mengerok dengan memakai gergaji besi  terhadap bagian dop atau pentil secara keseluruhan agar supaya nantinya tambalan rapat dan tidak ada yang bocor kembali.

C. Menempelkan karet tambal ban dan membakarnya.

Jika sudah selesai dalam mengerok bagian dop atau pentil, kemudian potong karet tambal ban sesuai dengan bagian yang tadi di kerok bagian dop atau pentil setelah itu tempelkan karet tambal ban yang sudah di potong lalu membakar atau memanaskan dengan alat tambal serta spirtus.

D. Mengambil bekasan ban dalam dan mengerok lalu mengoleskan lem aibon.

Sambil menunggu proses pembakaran atau penambalan selesai, ambilah bekasan ban dalam, lalu keroklah dengan gergaji besi selanjutnya potonglah membentuk sesuai ukuran tambalan tadi dan berilah atau oleskan lem aibon kepadanya dan tunggu sampai. Dan juga jangan lupa siramlah dengan air terhadap ban yang sedang di bakar atau di panaskan hal ini bertujuan agar ban tersebut tidak lumer atau meteng atau ngglembung.

E. Membuka dan mengeluarkan dop atau pentil melalui bagian yang telah di tambal.

Apabila proses pembakaran atau menambalnya selesai bukalah ban dari tempat alat penambalan kemudian keluarkanlah dop atau pentil melalu tambalan tadi dengan cara tarulah ban yang telah di tambal di atas stang alat tambal ban lalu paskan ujung dop pas pada tambalan setelah itu pukulah dengan palu dengan pelan dan hati hati sampai ujung dop atau pentil dapat keluar.

F. Mengoleskan lem aibon terhadap bagian samping dop yang tadi ditambal.

Sesudah dop atau pentil dapat keluar dat bagian tambalanya, berikutnya oleskan lem aibon disamping dop atau pentil tambalan tersebut dan biarkan hingga kering.

G. Menempelkan bekasan ban dalam yang tadi sudah di kerok dan di beri lem aibon.

Setelah lem aibon yang terdapat pada bekasan ban dalam yang sudah di bentuk kemudian berilah bekasan ban dalam tersebut lubang yang sesuai dengan bentuk dop atau pentil ( bulat ), selanjutnya masukan atau tempelkan terhadap bagian dop atau pentil yang sudah mengering lem aibonya, sambil di tekan atau di pukul pelan sampai benar benar rapat.

H. Memasang mur dan ring dop atau pentil.

Pasanglah mur dan ring dop atau pentil dan kencangkan setelah keadaan benar benar kuat dan rapat serta tidak ada yang terlihat membuka atau tidak rapat.

I. Memasang pentil dop dan memompa atau mengisi anginnya lalu mengontrol agar ban benar benat sudah aman dari bocor.

Dengan semua proses sudah di lalui sekarang tinggal memasang pentil, memompa serta mengecek kondisinya dengan memasukanya ke dalam bak berisi air dan memutarnya untuk memastikan ban tersebut aman dari kebocoran.

baca juga : tips dan cara cepat mengganti ban dalam motor

Sahabat semua demikian ini mengenai tips dan cara mudah menambal ban yang bocor bagian dop atau pentil, semoga mudah di pahami dan dapat di ambil manfaatnya. Atas perhatian serta kerelaan untuk mengunjungi blog kami, kami mengucapkan terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel