TIPS SERTA KIAT KIAT MEMPERSIAPKAN MOTOR DI MUSIM KEMARAU




ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.


Selamat bertemu dan selamat berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah segala puji bagi ALLAH SWT atas semua limpahan kesehatan serta kesempatan yang menjadikan kami dapat menjumpai dan menyapa sahabat semua. Yang tentunya untuk memberikan informasi, tipis tips serta inspirasi hidup yang semoga dapat bermanfaat dan berguna kepada senuanya. Adapun pada perjumpaan kita pada kesempatan kali ini kami akan mengambil topik mengenai tips dan kiat kiat persiapan sepeda motor di musim kemarau. Pada sekarang ini memang menurut kami sudah mulai beranjak masa peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau. Dan dengan adanya masa peralihan ini, memang sebaiknya kita sudah mulai mempersiapkan pada sepeda motor kita, terutama bagi mereka yang akrivitas keseharianya bergantung atau tidak bisa lepas dari sepeda motor. Apa saja tips serta kiat kiat dalam mempersiapkan sepeda motor untuk menghadapi musim kemarau, diantaranya adalah sebagai berikut :

Pada saat musim kemarau, sebagaimana kita ketahui bersama mempunyai suhu serta kondisi yang terasa panas dan kering terutama untuk di saat siang hari, dan dengan kondisi serta suhu yang seperti itu sangat berpengaruh sekali terhadap sebuah sepeda motor terlebih lagi pada sebuah sepeda motor yang masuk kategori aktif atau sepeda motor yang sering di gunakan dalam aktifitas keseharianya sebagai contoh para tukang ojeg, selesman marketing serta untuk beaktifitas kesekolah dan lainya. Apabila kita atau sepeda motor kita masuk dalam kategori yang seperti itu, kita dituntut untuk lebih peka serta mengerti pada sepeda motor kita agar selalu prima performanya di segala kondisi serta cuaca terlebih lagi pada saat musim kemarau yang nota bene memiliki suhu yang lebih panas dan kering. Dan untuk tips dan kiat kiat dalam mempersiapkan sebuah sepeda motor yang memang selalu aktif agar tahan dan selalu prima kondisinya, agar nantinya tidak mengalami masalah dan lebih kuat tahan atau tidak mengalami kerusakan berarti pada saat menghadapi musim kemarau. berikut ini kami akan informasikanya terhadap sahabat semuanya di antaranya adalah sebagai berikut :

baca juga : pemanfaatan jaring jok motor pada saat musim kemarau

Pada sebuah sepeda motor yang masuk kategori aktif yang di gunakan untuk aktivitas sehari hari, agar tetap kuat dan tahan di segala kondisi terutama pada saat musim kemarau berikut ini tips serta kiat kiatnya di antaranya adalah :

A. Menjaga kondisi ban selalu prima.

Pada bagian ban pada sebuah sepeda motor terutama pada saar musim kemarau merupakan bagian paling peka atau memiliki efek sekali, di karenakan pada musim kemarau terutama siang hari keadaan jalan raya atau aspal akan mengalami peningkatan dalam panasnya sehingga dengan kondisi jalan aspal yang panas sangat berpengaruh sekali terhadap bagian ban pada sepeda motor sehingga cek kondisi dengan rutin bagian ban agar tetap kuat dari panasnya jalan aspal di siang hari pada saat musim kemarau.

B. Menjaga kondisi mesin pada sepeda motor.

Selain bagian ban atau roda yang tidak kalah penting adalah bagian mesin, dengan rutin atau peka terhadap bagian oli mesin yang segera menggantinya apabila mesin sudah mulai cepat panas dapat di pastikan mampu membuat sebuah sepeda motor selalu prima di musim kemarau. Dan juga biasanya pada saat musim kemarau untuk di siang hari yang mempunyai suhu yang lebih panas dan kering lebih mudah membuat mesin terasa lebih mudah panas.

C. Menjaga kondisi rem utamanya belakang pada sepeda motor.

Bagian rem atau bagian kampas rem belakang, untuk di musim kemarau lebih mudah mengalami kotor sehingga dapat mengalami gancet atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu di karenakan pada saat musim kemarau dengan kondisi yang panas dan terik sehingga mudah sekali terjadi adanya debu dan dari debu ini yanh dapat membuat kampas rem belakang pada sepeda motor mengalami kotor sehingga kalau kita kurang peka dapat membuat rem sepeda motor gancet atau tidak berfungsi.

D. Menjaga kondisi rantai pada sepeda motor utamanya sepeda motor bebek atau motor non matik.

Pada saat musim kemarau yang mempunyai suhu serta kondisi lebih panas dan terik, mudah sekali membuat rantai menjadi kering terlebih lagi pada rantai sepeda motor yang biasa menggunakan oil dalam melumasinya sangat mudah sekali terjadi kotor dari debu. Oleh sebab itulah cek kondisi rantai agar tidak kering dan gunakanlah pelumas khusus rantai agar tidak mudah kotor. Sebab dengan adanya rantai yang kering dapat membuat geer pada sepeda motor mudah menipis dan akhirnya rantai mengendor dan terjadilah masalah pada bagian rantai dan geernya.

E. Memberikan anti gores pada bagian sepeda motor.

Hal sering di abaikan oleh pemilik sepeda motor adalah terjadinya keretakan atau merepatnya bagian kaca spido meter oleh sebab itulah untuk menghindari kejadian tersebut menimpa atau di alami oleh kita, sebaiknya pasangilah kaca spido meter pada sepeda motor kita dengan lapisan anti gores atau stiker scotlite bening untuk mengantisipasinya dari keretakan kaca spido meter pada sebuah sepeda motor.

baca juga : cara mudah dalam mengganti klakson motor

Sahabat semua demikian ini yang untuk tips tips serta kiat kiat mempersiapkan sepeda motor dalam memasuki musim kemarau, semoga dapat di ambil manfaat serta dapat menambah wawasan sahabat semua, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sudah membaca serta menginjungi kami. Sampai jumpa dan bertemu kembali. Sekian dan terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel