LANGKAH YANG BENAR DAN AMAN PADA ANAK BERSEPEDA SERTA MANFAATNYA






ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.


Selamat datang dan selama berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah tidak henti hentinya senantiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang mana berkat limpahan kesehatan serta kesempatan sehingga kami masih dapat menjumpai dan menyapa sahabat semuanya. Dan yang lebih utama yaitu kami dapat mempersembahkan sebuah informasi, tips tips serta inspirasi hidup. Untuk perjumpaan kita pada kali ini informasi yang ingin kami persembahkan kepada sahabat semua yaitu berkaitan dengan langkah benar dan aman bersepeda pada anak serta manfaatnya. Pada dunia anak anak memang  tidak pernah luput atau dapat di pastikan selalu identik dengan yang namanya sepeda, sejak anak masih usia 2 tahun hingga dewasa. Dan juga sepeda juga merupakan sesuatu yang pertama kali di tawarkan pada anak anak, oleh karena itulah sebabnya untuk hal bersepeda sangat favorit di sukai oleh anak anak. Akan tetapi untuk anak yang usianya sudah menginjak sekitar 5 tahun sampai 9 tahunan sebaiknya para orang tua harus lebih ekstra mengawasinya agar supaya lebih aman juga keselamatanya. Berikut ini kami akan informasikan langkah benar dan aman pada anak serta manfaatnya. Diantaranya adalah :

baca juga : cara serta tips dalam bersepeda yang aman dan sehat

Pada anak anak yang menginjak umur 5 tahun sampai sekitar 9 tahun pada umumnya sedang suka sukanya atau senangnya bersepeda terutama di area yang luas bahkan sampai ke jalan raya, oleh sebab itulah untuk di masa masa tersebut para orang tua di tuntut untuk ekstra perhatian dalam mengawasi serta menjaga buah hatinya pada saat bermain sepeda, dengan begitu keamanan dan keselamatan buah hatinya akan selalu terjaga terlebih lagi untuk lebih lagi kalau kalau para orang tua ikut bermain sepeda bersama disitu akan membuat anak merasa nyaman dalam bermain sepeda. Pada dasarnya bermain sepeda terlebih untuk anak selain sudah hal yang lumrah atau merupakan hal yang biasa dilakukan serta disukai oleh anak anak, sebenarnya di balik itu mempunyai manfaat yang baik serta sehat pada anak anak yang bermain sepeda, dan juga tentang manfaat tersebut jarang di ketahui oleh mereka para orang tua. Adapun untuk mengetahuinya berikut kami informasikanya terhadap sahabat semua. Yaitu antarnya :

Pada saat anak anak yang sedang asyik bermain sepeda, untuk orang tua agar anak anak tersebut aman dan nyaman sebaiknya yang dilakukan orang tua adalah :

A. Menemani dan ikut bermain.

Bagi orang tua memang baik dan juga benar seharusnya menemani bahkan ikut bermain dengan anak akan lebih nyaman serta menikmati pada saat bermain sepeda, selain itu juga dengan ikut bermain bersepeda dengan anak juga lebih mudah dalam mengarahkan tentang cara bermain sepeda yang baik dan benar serta tentang mematuhi rambu rambu atau tata cara berlalu lintas di jalan.

B. Mengawasi dan menuntun.


Pada saat anak anak yang sedang bermain sepeda sering kali yang terjadi karena mereka masih polos atau belum paham dalam untung rugi sehingga mereka melakukan hal hal yang dapat merugikan atau membahayakan diri sendiri juga terhadap orang lain. Oleh sebab itulah para orang tua harus selalu mengawasi dan menuntunnya agar tetap aman dan juga keselamatan terjaga.

C. Memilih sepeda yang  sesuai dengan anak tersebut
.

Bagi orang tua untuk lebih aman serta terjaga keselamatan buah hatinya pilih sepeda yang sesuai atau pas  baik untuk bentuk dan ukuran maupun tipe atau jenis sepeda tersebut dengan anak tersebut dengan begitu anak tersebut akan merasa aman  serta nyaman pada saat menggunakanya.

D. Memastikan bagian bagian penting dari sepeda tersebut sudah aman tidak ada masalah.

Untuk tetap aman serta keselamatan terjaga, untuk orang tua harus memastikan bagian bagian yang penting atau vital sudah aman tidak ada masalah. Diantara bagian vital tersebut adalah bagian rem, sadel, pedal dan roda serta bagian lainya.

E. Jangan pernah membiarkan anak bermain sepeda sendirian.


Hindari membiarkan anak anak bermain sepeda sendirian, untuk menganrisipasi hal hal yang tidak di inginkan. Sebab anak itu masih polos serta memiliki banyak resiko yang banyak apabila bermain sepeda sendirian.

Dan untuk bermain sepeda pada anak anak terdapat banyak manfaat yang di dapatkan atau di peroleh di antaranya adalah :

A. Melatih kesehatan fisik atau stamina anak tersebut.

Pada anak anak yang sering bersepeda dengan rutin akan memperoleh kesehatan fisik terutama stamina akan terlatih lebih kuat dan prima.

B. Bagus untuk pertumbuhan atau tumbuh kembang anak tersebut.

Dengan rutin atau membiasakan anak bersepeda sangat bagus serta baik sekali terhadap pertumbuhan atau tumbuh kembang anak tersebut.

C. Memupuk atau melatih anak untuk bergaul bersosiliasi dengan teman lainya.

Kalau anak anak bermain sepeda biasanya tidak sendiri melainkan banyak teman sebaya dengan begitu secara tidak langsung memupuk atau melatih anak untuk bergaul  bersosilisi dan berhubungan dengan teman lainya. Dengan demikian membuat anak tersebut tidak minder serta baik untuk kepercayaan dirinya.

D. Menumbuhkan rasa saling tolong menolong antara sesama teman.


Yang nama bermain terlebih lagi bersepeda dan di lakukan banyak teman di pastikan sering atau mengalami kejadian seperti terjatuh, bertabrakan serta ban gembos dan dari situlah dapat menumbuhkan rasa tolong menolong antara sesama teman.

E. Untuk memperkenalkan atau menginformasikan mengenani rambu rambu lalu lintas pada saat di jalan raya.

Dengan para orang tua menemani buah hatinya bermain sepeda dapat memperkenalkan atau memberikan informasi pendidikan dini tentang tata tertib berlalu lintas terutama di jalan.

baca juga : napak tilas sejarah sepeda onthel klasik

Sahabat semua demikian ini yang dapat kami informasikan pada kesempatan perjumpaan kita pada kali ini, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan sahabat semuanya. Tidak lupa kami berterima kasih yang telah membaca dan mengikuti kami. Sampai jumpa dan bertemu kembali di kesempatan berikutnya

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel