CARA MENGGANTI BAN MOTOR



ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH

Selamat datang dan selamat berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah puja serta puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT  yang masih berkenan melimpahkan kesehatan dan kesempatan sehingga kami dapat menyapa juga menjumpai sahabat semua. Untuk dapat memberikan informasi tips tips dan inspirasi hidup. Masuk pada perjumpaan kita kali ini informasi yang akan berikan mengenai cara mengganti ban pada sepeda motor. Pada sepeda motor yang bagian banya sudah terlihat alus tidak memiliki kembangan atau motiv maka sebaiknya untuk segera menggantinya agar supaya tidak mudah mengalami bocor atau gembos. Dengan keadaan ban yang terlihat alus tidak memiliki kembangan hal itu menandakan ban tersebut sudah waktunya di ganti. Untuk dapat mengganti ban berikut cara mudah tanpa ada kesulitan.

baca juga : kelemahan yang terdapat pada sepeda motor listrik

Pada saat mengganti ban pada sebuah sepeda motor, agar lebih mempermudah persiapkan alat atau kunci yang sesuai dengan struktur baud yang akan di buka atau di lepas sehingga akan lebih memudahkan atau mempercepat dan juga tidak merusak struktur baud itu sendiri. Hal ini sering kita jumpai banyak yang menggunakan atau memakai jenis kunci yang kurang tepat sehingga yang terlihat lebih sulit, lebih lama bahkan dapat merusak bentuk struktur baud tersebut. Maka dari itulah gunakan jenis kunci yang tepat pada saat mengganti ban pada sepeda motor, selain dari segi kunci kita harus paham yang tidak kalah penting adalah mengenai teknik dan caranya terlebih lagi mengetahui bagian bagian yang penting atau memiliki kesulitan tinggi dengan kita sudah paham serta mengetahui nantinya akan memudahkan pada saat mengganti ban pada sepeda motor. Oleh sebab itulah berikut kami akan informasikan secara jelas dan gamblang mengenai hal hal yang menjadi pokok dalam mengganti ban antaranya adalah :

Dalam tahapan mengganti ban pada sepeda motor untuk pemakaian alat alat atau kunci merupakan tahapan penting tidak boleh di kesampingkan adapun untuk yang sesuai dan tepat adalah :

A. Kunci sok no 17, 19 atau 20 yang di sesuaikan dengan ukuran jenis no baud as pada sepeda motor tersebut.

B. Kunci jenis T no 12 atau 14.

C. Kunci pentil.

D. Kunci ring no 12 dan no 14.

E. Alat congkel ban.

F. Obeng.

Setelah mengetahui alat atau kunci yang tepat berikutnya masuk pada langkah membuka dan mengganti ban pada sepeda motor tersebut.

A. Sebagai langkah awal yaitu memasukan obeng terhadap bagian lubang pada sela sela antara stang rem belakang di samping tromol roda sebelah kanan lalu tekan kebawah memakai tangan kiri pada obeng tersebut sambil tangan kanan membuka mur rem menggunakan kinci no T no 14.

B. Selanjutnya membuka stang tromol yang terletak pada bagian tromol dan sasis dengan menggunakan kunci T no 12.

C. Setelah itu yang dilakukan adalah membuka dan melepas bagian as roda, gunakan kunci sok beserta stangnya dengan ukuran no yang di sesuaikan dengan ukuran no as roda itu biasanya untuk sebelah kiri memakai kunci T no 14 dan sebelah kanan kunci sok no 17 setelah kedua kunci antara sisi kanan kiri di masukan denga mapan maka untuk tangan kiri menarik keatas dan tanga kanan menekan kebawah denga kuat sesuai keadaan baud as roda tersebut. Apa bila sudah berhasil lepaslah as roda tersebut kemudian keluarkan roda dari tempat pada sepeda motor.



Apabila roda sudah dapat di tarik keluar dari tempatnya pada sepeda motor, sekarang tinggal masuk langkah membuka atau mengganti ban untuk cara dan tekniknya adalah :

A. Mencopot melepas bagian pentil denga memakai kunci pentil dengan cara sambil di tekan kebawah lalu di putar ke kiri.

B. Membuka mur pentil dengan menggunakan kunci ring no 12 sambil putar kekiri.

C. Membuka dan mengganti ban adapun tekniknya yang lebih mudah dan cepat yaitu :

- agar lebih mudah proses membuka banya sebaiknya lakukan langkah pemijatan seluruh permukaan ban tersebut baik sisi kanan maupun kiri sampai ban terlepas dari rekatan velg usahakan benar benar sampai terlepas . Kalau sampai belum terlepas kok di paksa di pastikan akan kesulitan dalam membukanya.

baca juga : jenis jenis kelebihan di da lam sepeda motor listrik

- setelah bagian sisi ban semua sudah terlepas maka masuk pada proses mencongkel atau mencungkil dengan alat congkel yang tersedia untuk membuka ban untuk di tahap ini agar lebih mudah dan aman tekniknya masukan alat cungkil satu persatu sesudah berhasil masuk dan pastikan pas di tepi velg kemudian tekan ke bawah serta tahan selanjutnya masukan alat cungkil yang satunya setelah masuk ke sisi dalam velg baru tekan kebawah dan tahan setelah ke 2 alat cungkil di tahan berikutnya baru lepas alat cungkil yang pertama di masukan kemudian masukan ke lagi ke sisi dalam ban pas di depan alat cungkil yang di masukan no 2 tadi lakukan seperti sama tekninya hingga selesai secara urut.

- sesudah berhasil membuka ban selanjutnya proses membuka ban sisi satunya dengan cara mengangkat roda pas di depan muka kita selanjutnya baru lakukan proses membuka ban dengan teknik hampir sama yaitu masukan alat cungkil tersedia kedalam sisi ban dan velg setelah masuk tarik ke belakang sambil di tahan kemudian tangan yang satunya mengambil alat cungkil yang satunya dam masukan lalu tarik kebalakang serta tahan setalah kedua sudah masuk sambil di tahan baru lepas congkel yang pertama dan masukan kembali pas di depan congkel yang pertama gunakan teknik seperti itu sampai berhasil membukanya juga berlaku pada saat memasang ban yang baru.

- memasang dan mengganti ban yang baru. Untuk langkah dalam mengganti serta memasang ban yang baru untuk tekniknya sama persis dengan teknik membuka ban sebagaimana kami sebutkan di atas.

Sahabat semua demikian yang dapat kami informasikan pada perjumpaan kita kesempatan saat ini, kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar besarnya. Semoga informasi dari kami mudah di pahami sehingga nantinya bermanfaat dan berguna pada semuanya. Sampai jumpa dan bertemu lagi sekian terima kasih


WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel