SEPEDA ONTEL




ASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Selamat datang dan selamat berjumpa kembali bersama kami, alhamdulilah puja serta puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas semua limpahan kesehatan serta kesempatan sehingga kami dapat menyapa serta menjumpai sahabat semua. Tentunya untuk dapat memberikan informasi tips tips dan inspirasi hidup. Dan untuk kesempatan pada perjumpaan kita untuk kali ini informasi yang akan kami berikan adalah mengenai sepeda onthel. Mengenai sepeda onthel merupakan alat transportasi yang sempat populer di zamanya yaitu sekitar zamannya untuk di wilayah umumnya sekitar tahun 1910 sampai dengan tahun 1970. Akan tetapi untuk di wilayah atau negara indonesia sekitar tahun 1950 sampai tahun 1970. Dan yang menjadi pemakainya pada awal awal kemunculanya itu masih sebatas kalangan menengah keatas seperti para pejabat dan kaum bangsawan saja dan sampai akhirnya dapat di rasakan atau di nikmati hampir semua kalangan masyarakat. Agar lebih mendalam tentang sepeda onthel berikut informasinya antara lain : 

baca juga :  mengenang dan mengingat kembalai sejarah sepeda onthel klasik

Pada sepeda onthel sebenarnya memiliki banyak nama lain dan istilah seperti sepeda wangkring, sepeda onta dan pit pancal sedangkan dalam bahasa inggris adalah roadster bicycle, untuk sepeda onthel mempunyai ukuran sekitar 28 inchi merupakan alat transportasi yang banyak di pakai serta di gunakan oleh masyarakat sekitar tahun 1960 sampai 1980 dimana pada tahun tahun tersebut sudah mulai dapat di rasakan oleh merata hampir semua lapisan masyarakat. Dalam perkembangan untuk sepeda onthel juga mengalami perubahan yaitu untuk generasi pertama bernama sepeda ontel kemudian setelah itu muncul jenis sepeda baru yang bernama sepeda phoenix hasil produksi dari china pada tahun 1970 dengan bentuk dan struktur berbeda yang lebih ramping sehingga cocok untuk pria maupun wanita, juga setelahnya muncul lagi jenis sepeda MTB yang sampai dengan saat ini bahkan saat ini kembali populer yaitu pada tahun 1980an. Walaupun sepeda ontel mengalami beberapa perubahan atau inovasi akan tetapi pada saat sekarang ini masih banyak penggemar serta pecinta jenis sepeda onthel bahkan keberadanya pada sebuah sepeda onthel banyak di cari dan di jadikan oleh koleksi oleh masyarakat kaum menengah keatas yang tergabung dalam komunitas KOSTI ( KOMINITAS SEPEDA TUA INDONESIA). Adapun untuk sepeda onthel sampai saat ini yang jumlah dalam penggunaan serta pemakaianya masih banyak adalah di negara seperti india, china, belanda, banglades dan pakistan terutama pada sepeda onthel jenis LINUS ROADSTER 8. Bahkan untuk di negara india terdapat perusahaan besar bernama HERO CYCKES yang hingga sekarang masih memproduksi sepeda onthel yang di pasarkan di india sendiri juga ke negara china. Sedangkan kalau di wilayah kita indonesia yang masih menggunakan memakai sebuah sepeda onthel terutama di wilayah pedesan atau penggiran pelosok dan sedikit wilayah perkotaan paling di daerah kota tua yang di jadikan onjeg serta penganyar para wisatawan yang berkunjung. Untuk sepeda onthel yang populer di indonesia memiliki ciri ciri serta jenis merk dagang di antaranya adalah sebagai berikut :



Mengenai ciri ciri sepeda ontel yang populer dan banyak di pakai di indonesia diantaranya:

A. Mmiliki peosisi duduk yang tegak lurus serta kuat merupakan disain dari belanda.

B. Pada bagian rante sepeda onthel mempunyai penutup agar lebih aman dan bersih dari debu dan kotoran.

C. Untuk bagian gigi pada sepeda onthel tetap tidak dapat diubah.

D. Sepeda onthel memilik dinamo di bagian atas rodan depan yang berfungsi dalam menyalakan lampu depan.

baca juga : cara menambal dan mengatasi bocornya ban sepeda onthel

Sedangkan untuk merk dagang sepeda onthel yang beredar di negara indonesia di antaranya yaitu :

A. FONGER'S.

B. GAZELLE.

C. SUNBEAM.

D. BATAVUS.

E. WARGA.

F. THE MAGNET.

G. PHOENIX.

H. RIN.

I. SIMPEX.

J. SPARTA.

K. SERIKAT.

L. BURGER.

M. RALEIGH.

N. HUMBARD.

O. RUDGE.

P. BATAVOS.

Q. PHILIPS.

R. NSU.

Sahabat semua demikian ini yang dapat kami informasikan serta kami persembahkan semoga dapat berguna bermanfaat dalam menambah pengetahuan sahabat semua. Atas kekurangan kami mohon maaf yang sebesar besarnya, sekian dan terima kasih.

WASSLAMUALAAIKUM WAREOHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel