CARA MERAWAT BAN MOTOR


ASSALAMUALAIKUM WARROHMSTULOH WABBARAKTUH.

Selamat datang serta selamat berjumpa lagi bersama kami, alhamdulilah puja serta puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT  yang masih berkenan memberikan kami kesehatan dan kesempatan sehingga kami dengan penuh kebahagian dapat menyapa serta menjumpai sahabat semuanya untuk dapat memberikan sebuah informasi, tips tips serta insirasi hidup. Dan untuk perjumpaan kita pada kali ini, kami telah mempersiapkan tema pembahasan berkaitan dengan cara merawat ban motor. Bagian ban pada sepeda yang senantiasa di jaga dan di rawat kondisinya agar selalu awet serta tahan lama, sehingga dengan begitu kita sebagai pemilik sepeda motor pastinya dapat mempergunakan atau memanfaatkan sepeda motor tersebut dalam memenuhi kebutuhan aktivitas kesibukan kita sebagai alat prasarana serta sarana yang memudahkan atau memperlancar. Akan tetapi untuk dapat merawat atau menjaga ban sepeda motor kita memang sih terlihat mudah dan gampang,  pada kenyataanya tidak sedikit yang cenderung mengabaikan dan menggampangkan. Hal ini terbukti sering kita melihat serta jumpa pemilik sepeda motor yang di sengaja atau tidak di ketahui yang membiarkan atau mengebaikan bahkan menganggap enteng suatu hal yang justru dapat menimbulkan bagian ban tidak awet seperti adanya pemakain ban cacing, membiarkan ban botak serta membawa muatan yang berlebihan dan juga masih banyak lagi. Sebenarnya untuk cara merawat ban sepeda agar awet tidaklah sulit dan juga tidak mudah, yang di butuhkan disini adalah ketelitian, dan kepekaan bagi pemilik sepeda motor itu sendiri. Adapun untuk garis besar cara meraeat ban sepeda motor adalah sebagai berikut.

baca juga : cara benar dan tepat dalam mencuci helm motor

Sebagaimana sebagian besar pemilik sepeda motor di pastikan paham bahwa untuk bagian ban adalah bagian yang vokal serta penting dalam membuat sebuah sepeda dapat berjalan atau tidaknya, ibarat kata bagian ban merupakan telapak kaki kalau untuk kita, apabila telapak kaki lemah atau rapuh bahkan tidak berfungsi pasti akan berpengaruh ke bagian tubuh kita, begitu juga ban, dengan kita peka dan teliti menjaga dan merawat bagian ban kami pastikan akan di dapatkan bagian ban awet dan kuat. Kalaupun terdapat masalah masalah sebatas masalah kecil dan juga di sebabkan faktor usia ban yang memang sudah waktunya, untuk bagian ban sepeda motor juga walaupun kita sepintar pintar dalam menjaga tetap tidak dapat melawan masa batas ban, hanya saja kalau kita lebih peka dan teliti  dapat mengulur atau melebarkan jarak masa berlaku ban itu sendiri. Dan untuk cara merawat ban motor setidaknya agar supaya lebih lebar jaraknya berikut ini informasi dari kami antaranya yaitu :



Sebelum kita masuk mengenai cara merawat ban pada sepeda motor, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai masalah masalah yang sering terjadi pada bagian ban sepeda motor yaitu :

A. Masalah ban sering mengalami bocor.

pada ban motor yang sering mengalami ban bocor atau gembos biasanya sebebabkan seperti ban alus atau bota, tekanan angin kurang dan pemakaian ban dengan ukuran kecil atau cacing.

B. Masalah ban mengalami pecah.

untuk ban sepeda motor mengalami pecah memang sering kita melihatnnya hal ini desebabkan  pada ban tersebut dengan kondisi botak akan atau alus dan melewati jalan yang panas.

C. Masalah ban ngegol atau oleng dan bergoyang.

mengenai jenis masalah ini buasanya penyebabnya adanya garing lingkarangan tengah ban tidak rata ada yang masuk ada yang tidak serta juga penyebab lainya ban yang kondisi botak serta pemakaian ban suntikan atau batikan serta ukiran.

D. Masalah ban dalam dalam makananya membuat permukaan tidak rata atau makan separoh.

dalam masalah ban termakan atau permukaan tidak rata dan makan separoh biasanya di karenakan adanya masalah pada sok biker seperti mati atau tidak berfungsi separoh atau salah satu ada yang tidak berfungsi.

Adapun selanjutnya untuk menjaga atau merawat ban sepeda motor supaya awet di antara adalah :

A. Hindari memarkir sepeda motor yang dapat mengakibatkan terkena sinar matahari secara langsing.

dengan sering memarkir sepeda motor di dapat terkena sinar matahari langsung dapat membuat ban keras dan panas bahkan juga dapat merusak bagian lainya seperti cat body dan bagian jok serta lainya.

B. Pastikan tekanan angin selalu cukup.

angin merupakan bagian utama ban sebuah ban dengan akin selalu cukup ukuran akan berguna bermanfaat dalam menjaga keawetan ban tersebut.

C. Menjaga kebersihan bagian ban.

untuk salah satu cara menjaga kebersihan ban dengan sering mencuci sepeda motor dan mengoleskan pemoles ban dengan begitu akan bagian ban tidak mengalami keras atau pecah pecah atau bantat bagaian ban menjadi awet kuat tahan lama.

D. Mengontrol keadaan pentil dop atau bunglon.

untuk cara ini memang jarang dilakukan atau diterapkan oleh pemilik sepeda motor, padahal bagian pentil yang dianggap kalau sudah kenceng tidak dapat kendo justru bagian pentil dengan adanya pemakian atau bawaan pada sepeda motor tersebut sebenarnya dapat mengendo sendiri dan dapat mengeluarkan angin dalam ban sedikit sehingga kurang di pahami, dari adanya kasus seperti itu tanpa di sadari membuat tekanan angi terus berkurang dan akhirnya mengakibatkan kebocoran pada ban tersebut.

E. Pemakaian angin nitrogen.

memang untuk tekanan angin ini memiliki harga diatas tekanan angin biasa akan tetapi bermanfaat menjaga ban tetap dalam kondisi dingin meskipun sering di pakai di siang hari dengan suhu yang lebih panas.

baca juga : manfaat dan kegunaan dalam mereyen motor 

sahabat semua demikian ini yang dapat kami informasikan pada perjumpaan kita pada kali ini semoga dapat berguna dan bermanfaat dalam menambah wawasan pengetahuan semuanya, sekian dari kami dan terima kasih. sampai jumpa dan bertemu lagi.

WASSALAMUALAIKUM WARROHMATULOH WABBARAKATUH.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel